SEPI: Warga tengah berswafoto di Stasiun Tugu Jogja. (Radar Jogja File)

RADAR JOGJA – PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Jogjakarta memperpanjang operasional kereta luar biasa (KLB) hingga 7 Juni mendatang. Hal itu, sesuai dengan perubahan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, yang menyatakan KLB dioperasikan hingga 7 Juni 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Budiyanto menyampaikan, untuk calon penumpang KLB yang memesan melalui Daop 6 sudah banyak. “Tetapi yang memenuhi syarat hanya sedikit. Karena harus ada SIKM (surat izin meluar masuk), negatif Covid-19, surat sehat, dan lain-lain,” ungkapnya kepada Radar Jogja, Senin (1/6).

Untuk data pada Minggu (31/5) dari pukul 07.00 hingga 15.10 jumlah pendaftar KLB di Stasiun Tugu Jogjakarta ada 23 orang, sedang yang tidak memenuhi syarat ada satu penumpang. “Sepuluh orang berangkat pada Minggu (31/5) jurusan Surabaya, kemudian 12 orang berangkat pada Senin (1/6). Enam orang jurusan Bandung, selebihnya jurusan Gambir,” kata Eko.

Dijelaskan, KLB ini merupakan kereta yang dijalankan di luar jadwal reguler. Saat pandemi ini, KLB ditujukan untuk melayani masyarakat yang dikecualikan sesuai dengan aturan pemerintah. Bagi penumpang yang ingin menggunakan, harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan.

Eko menyampaikan, masyarakat yang memerlukan perjalanan menggunakan KLB harus melengkapi syarat sesuai surat edaran Gugus Tugas Covid-19. Seperti di antaranya harus menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19, surat tugas dari perusahaan, KTP atau tanda pengenal lain yang sah, menunjukkan SIKM untuk menuju kota tujuan, dan sebagainya. ”Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19 semakin menyebar luas,” jelasnya.

Dikatakan, protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 terus ditetapkan. Mulai dari pembatasan okupansi atau kapasitas penumpang hingga penambahan fasilitas untuk penanganan Covid-19. Serta menyediakan alat pengukur suhu badan, pos kesehatan, hand sanitizer, wastafel beserta sabun dan penyemprotan di arena stasiun. “Saat ini juga sedang proses pemasangan wastafel di Stasiun Tugu Jogjakarata untuk persiapan menyongsong new normal,” ungkap Eko. (cr1/bah)

Jogja Raya