RADAR JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogjakarta resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan KA Reguler jarak jauh hingga 30 Juni. Baik untuk relasi arah Jakarta dan Bandung maupun arah Surabaya, Malang  dan Ketapang. Kebijakan ini juga berlaku untuk KA Bandara tujuan Yogyakarta International Airport (YIA) dan Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS).

Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA reguler jarak jauh ini sebagai dukungan kebijakan pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kebijakan ini merevisi regulasi sebelumnya. Berupa pembatalan sementara perjalanan KA hingga 31 Mei.

“Kebijakan pembatalan sementara perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Reguler dan KA Bandara di wilayah Daop 6 tetap dilakukan dalam evaluasi. Mengikuti perkembangan di lapangan seperti apa,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Budiyanto, Kamis (28/5)

Walau begitu sejumlah relasi perjalanan tetap normal. Seperti kereta api luar biasa (KLB), rangkaian kereta Prambanan Express (Prameks) dan kereta barang. KLB sendiri merupakan kebijakan pengecualian mengenai tranportasi menuju Jakarta, Bandung dan Surabaya.

“Meskipun terdapat pembatalan perjalanan KA jarak jauh, namun PT KAI tetap menjalankan KLB tujuan Gambir, Bandung, maupun Surabaya Pasar Turi yang dioperasionalkan secara terbatas sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19,” katanya.

Berlakunya relasi tersebut bukan berarti penumpang bisa seenaknya membeli tiket perjalanan. Ada persyaratan ketat yang wajib dipenuhi. Di antaranya surat bebas Covid-19 berdasarkan rapid diagnose test (RDT), surat perjalanan, surat pengantar Lurah dan persyaratan lainnya.

Eko menegaskan, kebijakan ini adalah komitmen KAI dalam pengendalian Covid-19. Khusus untuk perjalanan menuju DKI Jakarta menjadi lebih ketat. Karena wajib melampirkan surat izin keluar masuk (SIKM) dari Pemprov DKI Jakarta.

“Kalau syaratnya tidak lengkap ya mohon maaf tidak bisa lanjut perjalanan. Apabila lolos, penumpang wajib mengenakan masker selama perjalanan,” tegasnya.

Hingga saat ini PT KAI Daop 6 Jogjakarta hanya melayani 13 relasi kereta api penumpang, yakni empat perjalanan relasi KLB dan delapan KA Prameks. Adapula satu KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari menuju Wonogiri rute pulang dan pergi. (dwi/ila)

Jogja Raya