RADAR JOGJA – Masa hidup RA Kartini cukup singkat namun ada warisan ide perjuangan yang terangkum dalam refleksi kehidupan dalam surat-surat yang ditulisnya.

Melalui tulisan itulah, generasi sekarang bisa belajar dan meneladani setiap ide dan pemikiran RA Kartini dalam upaya mencerdaskan bangsanya, terutama kaum perempuan agar bisa hidup setara.

“Peringatan hari Kartini tahun ini terasa berbeda, karena diwarnai oleh simbolisasi bagaimana perjuangan untuk saling bekerja sama memutus rantai penyebaran Covid-19. Hari-hari ini, kita bisa lihat bagaimana semangat perjuangan Kartini dalam tindakan nyata dikerjakan. Banyak tenaga kesehatan perempuan ada si garis depan untuk bantu sesamanya, agar selamat dari Covid-19,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ Eko Suwanto, Selasa (21/4).

Melalui refleksi dalam surat-surat yang ditulis oleh RA Kartini, generasi yang hidup setelahnya bisa membaca kembali beragam pemikiran yang disampaikan semasa hidupnya.

“Ada banyak pesan yang masih relevan hingga kini dan dikutip kembali dan bawa semangat perjuangan membela hak-hak hidup agar semua bisa hidup lebih baik, mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Eko.

Semangat perjuangan RA Kartini, dalam kehidupan sekarang memang penting untuk dihidupkan dan dipraktekan. Tidak boleh lagi ada diskriminasi dalam beragam profesi, sebab setiap orang bisa memberikan sumbangsih nyata untuk membangun diri menjadi lebih baik dan berguna bagi yang lain.

“Kehadiran tenaga kesehatan mulai perawat, dokter hingga kesempatan menjadi pemimpin bisa diwujudkan oleh perempuan di masa sekarang. Nilai dan semangat perjuangan inilah yang selalu penting diingatkan, kita gelorakan dalam tindakan nyata,” tuturnya. (ila)

Jogja Raya