RADAR JOGJA – Dua anggota keluarga pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dinyatakan positif. Dokter dari layanan fasilitas kesehatan wilayah Kota Jogja ini telah menjalani rawat inap selama lima hari. Sementara untuk dua keluarganya dinyatakan positif per hari ini (20/4).

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ ada dua kasus hari ini. Yakni kasus 70, berjenis kelamin perempuan. Pasien ini berusia 50 tahun dan berdomisili Kota Jogja. Kasus 71 adalah laki-laki berusia 17 tahun asal Kota Jogja.

“Positif dua itu berada dari keluarga dokter yang sebelumnya terpapar dari pasien. Setelah sebelumnya rapid test positif, hari ini keluar hasil swabnya juga positif,” jelas Wakil Wali Kota Jogja Heroe, Poerwadi, Senin (20/4).

Ketiga pasien positif Covid-19, lanjutnya, sedang diupayakan dirawat isolasi di rumah sakit. Terlebih kediaman keluarga ini berdekatan dengan rumah sakit. Untuk tracing lanjutan menyasar keluarga dan interaksi lingkungan.

Heroe turut memaparkan hasil tracing dokternya lainnya. Sebelumnya Gugus Tugas Covid-19 Kota Jogja menyatakan ada dua dokter positif Covid-19. Satu dokter telah menjalani isolasi selama dua Minggu. Dokter lainnya menjalani isolasi selama empat hari.

“Sedangkan dokter yang tertular dari  suami yang pulang dari Jakarta, saat ini suami dan anaknya sudah diisolasi di rumah sakit lainnya. Suami dan anaknya, sudah di swab dan menunggu hasilnya,” katanya.

Adanya kasus ini membuat jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Jogja menjadi enam pasien. Adapula 64 pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 15 pasien. (dwi/tif)

Jogja Raya