RADAR JOGJA – Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) TNI melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sepanjang Jalan Malioboro, Kota jogja, Rabu pagi (15/4). Kegiatan ini juga dalam rangka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XL/2020. Dimulai dari kawasan Tugu Pal Putih, dilanjutkan di sepanjang ruas Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Kegiatan penyemprotan kali ini melibatkan puluhan taruna tingkat IV AAU, menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan satu unit “unimog” dengan total 6.000 liter cairan disinfektan.

“Mudah-mudahan ini membangkitkan kesadaran masyarakat jogja. Ini adalah salah satu kegiatan dari Akademi Angkatan Udara sekaligus dikombinasikan dengan bakti almamater,” kata Komandan Satuan Pelaksana (Dansatlak) Elang, Latsitardanus XL/2020 Letkol (Pnb) Anton Pallaguna.

Anton menuturkan, kawasan Malioboro sengaja dipilih sebagai lokasi dekontaminasi karena merupakan ikon wisata dan hingga kini masih banyak masyarakat beraktivitas di sana.

“Jogja ini salah satu kota pelajar, jogja ini sebagai salah satu tujuan wisata yang kita melihat masyarakatnya masih beraktivitas di sini. Kami merasa ini menjadi salah satu tempat atau spot yang tepat untuk kita dekontaminasi,” katanya.

Latsitardanus XL/2020 sendiri merupakan latihan tingkat akhir para calon perwira TNI AU yang rencananya dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara. Namun dengan adanya wabah COVID-19, maka kegiatan itu dialihkan di akademi masing-masing.

Anton menilai dari kegiatan tersebut para Taruna AAU berinisiatif melaksanakan bakti almamater merespons pandemi COVID-19. Mulai dari pembagian masker untuk masyarakat, serta dekontaminasi dengan disinfektan seperti yang digelar di Jalan Malioboro.

“Langkah berikutnya kami akan melaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak langsung dengan pembatasan sosial ini,” tandasnya. (sky/tif)

Jogja Raya