RADAR JOGJA – Berbagi kebaikan, kebahagiaan, dan sedikit meringankan beban sesama di tengah virus korona. Ini yang dilakukan mereka yang tergabung dalam Ikatan Alumni Ilmu Komunikasi dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY).

“Kami membagikan nasi bungkus kepada para ojek online (ojol) di depan kampus UPN,” jelas Koordinator Aksi Komunikasi Berbagi Ganal Valiant kepada Radar Jogja Selasa (14/4).

Ia menyampaikan, Komunikasi Berbagi itu merupakan aksi solidaritas para almuni dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNVY dalam rangka meringankan beban sesama, khususnya para ojol. Karena ojol merupakan salah satu pekerja yang juga harus tetap bekerja di luar rumah di tengah pageluk korona ini.

Ganal prihatin dengan keluhan para ojol yakni susah mendapat orderan karena sepi. Itu yang menjadi salah satu alasan aksi tersebut mereka lakukan. Aksi sengaja dia fokuskan terlebih dahulu kepada para ojol.

Untuk aksi selanjutnya, ia mengatakan mungkin akan memfokuskan ke profesi yang lain seperti buruh gendong pasar dan sebagainya. “Tadi ada sekitar 25 nasi bungkus yang kami bagikan,”  tambahnya.

Ganal mengatakan, aksi dimulai pukul 12.00 hingga 12.45 di pinggir jalan depan kampus. Dan yang terjun ke lapangan sebanyak tujuh orang. “Itu gabungan dari alumni dan mahasiswa,” ujarnya.

Sebelumnya mereka memberikan informasi terlebih dahulu di grup Facebook ojol akan membagikan nasi bungkus di gerbang kampus UPNVY. Hal itu untuk mempermudah komunikasi dan menyebarkan informasi.

Ganal menyampaikan, dia dan teman-temannya juga membagikan wedang rempah kepada ojol. Ini agar stamina para ojol tetap kuat dan dapat memberikan kekebalan tubuh. (cr1/laz)

Jogja Raya