RADAR JOGJA – Warga di wilayah Gambiran, Umbulharjo, Jogja menyatukan tekad untuk mewujudkan kampung bebas Covid-19. Tekad bersama tersebut disimbolkan dengan kegiatan aksi bersama warga melalui langkah penyemprotan desinfektan di wilayah RW 9, Gambiran, Umbulharjo, Jogja.

Ketua PAC PDI Perjuangan Umbulharjo Fandi Prihantoro menyatakan, dalam mewujudkan tekad kampung bebas Covid-19 langkah penyemprotan dijalankan dengan bergotong royong. “Di akhir pekan ini, pengurus PAC PDI Perjuangan Umbulharjo bersama pengurus ranting lakukan aksi penyemprotan ke rumah warga,” kata Fandi, Sabtu (11/4).

Kegiatan desinfektasi dilaksanakan mulai pukul 10.00 hingga selesai dengan disertai edukasi kepada warga agar menjalankan anjuran pencegahan penyebaran Covid-19. Pelaksanaan kegiatan didukung pula oleh anggota DPRD Kota Jogja Susanto Dwi Antoro dan Ketua DPRD Kota Jogja Danang Rudyatmoko.

Melalui desinfektasi ini mengingatkan warga agar selalu rajin jalankan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Juga selalu cuci tangan pakai sabun dan segera melaporkan diri ke faskes terdekat saat alami gejala seperti demam tinggi, batuk kering dan kesulitan bernafas.

“Ini kerja sama dengan RT dan pengurus RW di Gambiran Umbulharjo. Kami bantu desinfektan juga ke seluruh wilayah Umbulharjo secara bergiliran,” kata Fandi.

Sigit, Ketua RW 9 Gambiran Umbulharjo menyatakan rasa gembira dan mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang membantu.

“Ini jadi penambah semangat warga kampung Gambiran untuk bisa terbebas dari Covid-19, terima kasih sudah bergotong royong bantu warga,” kata Sigit.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menyatakan, saat ini dibutuhkan partisipasi dan semangat gotong royong kebersamaan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Seluruh kader partai dan pengurus punya tugas untuk membantu warga, memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (ila)

Jogja Raya