RADAR JOGJA – Taruna dan Taruni tingkat 1 Akademi Angkatan Udara (AAU) melakukan kulonuwun kepada masyarakat Jogjakarta dengan defile di sepanjang Jalan Malioboro Selasa (18/2). Mereka akan memulai pendidikan di AAU Jogjakarta, setelah menjalani pendidikan dasar militer di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Taruna dan Taruni yang akan melanjutkan di AAU Jogjakarta sebanyak 117 orang, terdiri atas 107 Taruna dan 10 Taruni. Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santosa menjelaskan, acara ini perlu dilakukan karena AAU berada di wilayah Jogjakarta. “Sehingga kami harus permisi atau kulonuwun kepada masyarakat Jogjakarta,” katanya.

Masyarakat sendiri sangat antusias untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Pengunjung tampak memadati sepanjang Jalan Malioboro hingga kawasan Titik Nol Kilometer. Meski sempat diguyur hujan deras, mereka tetap antusias melihat atraksi dan pertunjukan dalam acara tersebut.

Acara diawali dengan flypass delapan pesawat yang diterbangkan oleh Jupiter Aerobatic Team (JAT) Lanud Adisutjipto Jogjakarta.  “Ada drumband Gita Dirgantara Taruna AAU dan flashmob dengan menari Beksan Wanara dari keluarga Besar AAU,” jelas Kolonel (Pnb) Bambang Juniar.

Drumband dilakukan dari halaman Hotel Inna Garuda hingga Istana Negara Gedung Agung Jogjakarta. Kemudian dilanjutkan yel-yel dari para Taruna tingkat 1 hingga 4, dilanjutkan menari Beksan Wanara. “Untuk nguri-uri kebudayaan Jawa,” katanya.

Acara itu dapat memecahkan rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia dengan 1.500 peserta dari Taruna-Taruni dan civitas akademika atau keluarga besar AAU melakukan kegiatan di sepanjang Jalan Malioboro. Ia berharap melalui acara  ini para Taruna-Taruni dapat dikenal dan lebih dekat ke masyarakat. (cr1/laz)

Jogja Raya