RADAR JOGJA –  Jogjakarta menjadi destinasi Raja Belanda Willem Alexander dalam lawatannya ke Indonesia, Maret mendatang. Selama di Jogjakarta, Willem akan mengunjungi sejumlah tempat seperti Keraton, kampus UGM dan Candi Prambanan.

Kepastian kedatangan Raja Belanda ke Jogjakarta ini setelah Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja bertemu Gubernur DIJ Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kpatihan, Jogja. Senin (6/1). “Kedatangan dubes sebagai update kepastian kedatangan raja Belanda pada 11 Maret,” kata Sekprov DIJ Kadarmanta Baskara Aji.

Aji menjelaskan, kunjungan ke Jogjakarta bagian dari lawatan ke Indonesia yang di jadwalkan pada 10-13 Maret. “Setelah dari Jogjakarta, akan bertolak ke Palangkaraya,” terangnya.

Dalam pertemuan itu nantinya HB X juga akan melakukan penjajakan kerja sama dengan pemerintah negara kincir angin tersebut. Beberapa peluang yang dapat dilakukan kerja sama yakni peningkatan ekonomi kreatif dan pendidikan vokasi.

Sementara itu Wesaka Puja menjelaskan, kunjungan rencananya dilakukan Maret mendatang. Salah satu program kunjungan Willem Alexander adalah bertemu Presiden Joko Widodo  dan raja Keraton Jogja Sultan HB X. “Untuk napak tilas pendahulunya atau mungkin ada hal-hal yang perlu dibicarakan,”  jelasnya.

Ketika ditanya terkait  program-program tertentu yang akan dibicarakan, dijelaskan belum ada pembicaraan khusus. “Nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut,” jelasnya. (bhn/laz)

Jogja Raya