RADAR JOGJA – Kota Jogja tetap menjadi magnet para wisatawan untuk berlibur akhir tahun, sekaligus  menikmati malam tahun baru 2020. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo yang kembali memilih untuk menikmati pergantian tahun di Jogja.

Rencana Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi datang ke Jogja pada hari ini (31/12) disampaikan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti kepada wartawan Senin (30/12). “Saya terima kasih, walaupun beliau belum hadir, insya Allah Presiden akan ke Jogja untuk merayakan pergantian tahun,” kata HS usai melaunching pedestrian Sudirman, Kotabaru.

Haryadi mengajak masyarakat bisa menunjukkan kepada pimpinan negara bahwa warga Jogja merupakan warga istimewa yang bisa memberikan peluang kepada masyarakat dari luar kota untuk merayakan pergantian tahun di kota ini. “Mari kita tunjukkan, berikan ruang itu,”  ujarnya.

Dia pun menitip pesan kepada masyarakat agar bisa memaklumi apabila ada beberapa ruas jalan yang ditata untuk menghindari kemacetan. Dikarenakan adanya potensi banyaknya masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Kota Jogja.

“Ini untuk memberikan suasana yang walaupun kami menyadari tidak nyaman, tapi kami berusaha senyaman mungkin dengan segala macam keterbatasan,” terangnya.

Wali kota dua periode ini mengharapkan kepada masyarakat agar merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang tidak hingar bingar. Maupun banyak berkeliling kota yang berpotensi menambah kemacetan dan mengurangi petasan yang berisiko.

“Rayakan di rumah bersama keluarga lebih baik. Yang tenang-tenang saja. Dan, jangan menggunakan narkoba atau miras,” pesannya.

Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Haryadi mengajak semua masjid di Jogja untuk melaksanakan pengajian kecil bakda Salat Isya dan menyampaikan tausiyah terkait perayaan pergantian tahun.  “Jangan terlalu menghamburkan waktu dan biaya di malam tahun baru,”  tambahnya. (cr15/laz)

Jogja Raya