RADAR JOGJA – Pengurus Pusat DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) melakukan ziarah dan tabur bunga, akhir pekan lalu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Jogjakarta. Di tempat ini para veteran juga menggelar doa bersama di pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Ketua Umum LVRI Mayjen (Purn) TNI Saiful Sulun menyampaikan, ziarah dan tabur bunga ini merupakan napak tilas perjuangan untuk mengenang semangat Jenderal Sudirman. Sebagai jenderal besar, sosok Sudirman memegang peran penting dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan kami kepada para pahlawan yang telah rela berkorban untuk kemerdekaan bangsa. Terhadap Jenderal Sudirman, kami ingin semangat perjuangan yang dilakukannya tetap berkobar hingga saat ini,” jelas Saiful Sulun didampingi Sekjen DPP LVRI Marsda (Purn) TNI FX Soeyitno melalui keterangan tertulis yang diterima Radar Jogja, Selasa (26/11).

Soeyitno megnungkapkan, dengan ziarah dan tabur bunga ini para veteran ingin menanamkan semangat juang nasional kepada generasi muda. Dia berharap kemerdekaan yang telah diraih hendaknya dapat diisii dengan tindakan nyata untuk membangun bangsa.

“Kami yang sudah veteran ini saja masih bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara. Hendaknya generasi muda dapat melakukan hal yang lebih dari kami,” uajrnya.

Napak tilas perjuangan ini telah dilakukan LVRI dimulai dari Semarang dan berakhir di Jogjakarta. Jogjakarta dipilih sebagai tempat dilaksanakan puncak napak tilas perjuangan karena di kota ini bersemayam jasad mendiang Jenderal Besar Sudirman.

Menurut Ketua Umum Pemuda Panca Marga (PPM) Berto Izaak Doko, napak tilas ini juga merupakan estafet perjuangan bagi generasi penerus. “Amanat perjuangan itu harus dilakukan generasi saat ini, agar Indonesia tetap menjadi negara yang besar di mata dunia,” ujarnya. (tif)

Jogja Raya