RADAR JOGJA – Unjuk rasa yang berlangsung diberbagai daerah menimbulkan gesekan antara warga dan masyarakat. Bahkan dialami oleh jurnalis yang tengah menjalankan tugas peliputan dalam aksi demo tersebut. Sebut saja peristiwa yang menimpa jurnalis Antara di Sulawesi Selatan.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, pihaknya prihatin dengan peristiwa tersebut. ”Saya prihatin dengan peristiwa yang dialami oleh teman-teman jurnalis yang mengalami kekerasan oleh aparat,” ujarnya dalam pesan singkat yang dikirimkan ke Radar Jogja, Senin (30/9).

Dia berharap, di DIJ tidak terjadi hal serupa. Yuliyanto mengaku sudah menyampaikan kepada personel-personel yang akan melaksanakan pengamanan untuk tidak melakukan kekerasan kepada siapapun terutama kepada jurnalis yang bertugas. Juga lebih mengedepankan sikap humanis dalam bertugas.

”Untuk itu mohon rekan-rekan jurnalis dalam meliput kegiatan unjuk rasa selalu berhati-hati, dan membawa atau menunjukkan identitas sebagai jurnalis, sehingga mudah dilihat dan dikenali oleh aparat keamanan,” tuturnya. (ila)

Jogja Raya