RADAR JOGJA – Menanggapi aksi #GejayanMemanggil yang akan dilakukan siang ini (23/9), sejumlah kampus mengeluarkan surat edaran. Selain UGM yang mengeluarkan surat edaran dengan ditandatangi Rektor Panut Mulyono, kampus lain juga mengeluarkan imbauan serupa. Di antaranya, Sanata Dharma, Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY), dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Dalam surat edaran yang dikeluarkan Rektor Sanata Dharma Jogjakarta Johanes Eka Priyatma tertanggal 22 September 2019 disebutkan, kampusnya tidak terlibat dan terikat secara institusional dengan gerakan tersebut. Sanata Dharma juga tidak mendukung gerakan tersebut karena tidak jelas tujuan dan penanggungjawabnya.

Sedangkan dalam surat edaran yang dikeluarkan Rektor UAJY Yoyong Afiardi ditujukan ke masing-masing dekan di fakultasnya. Dalam surat imbauan itu, pihak kampus meminta ke seluruh dekan untuk mengimbau civitas akademikanya untuk tidak terprovokasi dalam seruan aksi tersebut. Kegiatan perkuliahan pun tetap berlangsung seperti biasanya.

Senada UKDW juga tidak mendukung dan tidak menyarankan mahasiswanya ikut dalam aksi tersebut. Alasannya, seruan aksi itu tidak memiliki tujuan yang jelas sehingga mudah disusupi dan ditunggangi kepentingan politik atau maksud gelap lainnya. Hal itu tertulis dalam surat edaran pernyataan sikap dan kebijakan kampus yang diteken oleh Rektor UKDW Henry Feriadi. (ila)

Jogja Raya