JAKARTA – Telkomsel menghadirkan solusi digital melalui program The NextDev. Telkomsel siap mendukung semangat Digital Nation 2020 dengan menyediakan digital ekosistem yang mumpuni.

Demikian dikatakan Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini. ‘’Sebagai digital telco company, Telkomsel berkomitmen mengakselerasikan pembangunan bangsa melalui inovasi dan solusi berbasis pemanfaatan teknologi digital,’’ ujarnya saat peluncuran Gerakan 1.000 Startup Digital di Istora Senayan, Jakarta (18/8).

Telkomsel mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Digital Nation pada 2020. Yakni dengan inisiatif yang mampu mendorong ekosistem digital di nusantara. ‘’Hal ini diwujudnyatakan lewat partisipasi Telkomsel melalui The NextDev,’’ katanya.

Telkomsel berupaya mendorong kesiapan negeri menjadi negara digital yang komprehensif. Sudah saatnya seluruh generasi Indonesia menciptakan karya nyata dan menjadi sumber daya manusia yang unggul di dalam pasar digital di Asia Tenggara, bahkan dunia.

Emma menambahkan, Telkomsel hadir menunjukkan komitmen melalui inisiatif meningkatkan kualitas generasi milenial digital. Sehingga mereka dapat menciptakan startup yang memberi solusi berbasis teknologi digital.

‘’Bisa membantu memecahkan masalah sosial dan ekonomi di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan,’’ ujarnya.

Salah satunya melalui program Ignite The Nation. Merupakan inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Melalui program ini, Telkomsel berkomitmen menjadi enabler bagi masyarakat dengan berbagai solusi digital. ‘’Yang senantiasa memberikan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan,’’ ujar Emma.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Gerakan 1.000 Startup Digital sudah digelar sejak 2016. Para perusahaan rintisan perlu melewati proses yang benar.

‘’Sehingga dapat menjadi startup yang sukses dan memiliki modal. Hal ini diperlukan terciptanya ekosistem digital, seperti Telkom dan Telkomsel. Sehingga Indonesia akan memiliki unicorn-unicorn baru,” kata Rudiantara.

The NextDev merupakan ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi. Diadakan Telkomsel tiap tahun sejak 2014.

Beberapa aplikasi dari The NexDev yang dihadirkan pada peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di antaranya Cakap (aplikasi penyediakan pembelajaran Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Indonesia), Marlin Booking (aplikasi fitur booking dan pembelian tiket ferry dan kapal laut), dan Gandeng Tangan (wadah kolaborasi pemilik usaha sosial dengan public).

Ada pula Habibi Garden (memberikan data terkini kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman melalui smartphone), Fishgo (mendeteksi keberadan ikan di laut), Hellobeauty (marketplace layanan kecantikan), dan Vestifarm (menyediakan platform bagi hasil dengan konsep patungan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak). (*/a6/iwa/rg)

Jogja Raya