JOGJA – Sudah 48 tahun usia Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIJ. Barahmus merupakan organisasi nirlaba independen yang bergerak di bidang museum Jogjakarta.

Ada banyak acara dalam memperingatinya, di antaranya ziarah ke makam para mantan Ketua Umum Barahmus, Sepeda Gembira, Seminar, dan Gelar Potensi Museum, yang berlangsung sejak tanggal 1 hingga 10 Agustus 2019.

Ketua Barahmus Ki R. Bambang Widodo menyatakan, saat ini sedang fokus pada sumber daya manusia dengan melakukan kegiatan-kegiatan nyata. Salah satunya adalah dengan melakukan seminar Museum. Seminar yang bertemakan  ”Peran Barahmus DIY Masa Lalu, Kini, dan Mendatang” berlangsung pada 6 Agustus di Pendapa Agung Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa.

Ada pula kegiatan Gelar Potensi Museum bertema ”Dengan Naungan Merah Putih Merangkai Artefak dalam Ke-Indonesiaan” diselenggarakan pada 7-10 Agustus 2019 di Kabupaten Sleman.

”Acara ini diselenggarakan Barahmus didukung Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIJ dengan dana keistimewaan. Gelar Potensi Museum menampilkan dua kegiatan utama yaitu Pawai Museum dan Pameran Museum,” jelasnya.

Khusus karnaval museum akan diikuti oleh 37 museum anggota Barahmus dengan menampilkan koleksi maupun tarian khas yang menggambarkan masing-masing museum. Start Karnaval Museum mulai pukul 14.00 WIB dari lapangan Pemda Kabupaten Sleman dan finish di lapangan Denggung Sleman.

Setelah Karnaval Museum dilanjutkan Pameran Museum yang berlokasi di Sleman City Hall (SCH) Denggung, Sleman. Pameran menampilkan koleksi-koleksi unggulan 37 museum anggota Barahmus dan museum undangan lainnya. (obi/ila)

Jogja Raya