JOGJA – 76 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari luar daerah yang sudah terlanjur melakukan mudik lebaran ke Jogja mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemerintah (Pemkot) Jogja di Balai Kota.

Hal tersebut sesuai instruksi Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti yang dikeluarkan pada Kamis (30/5) lalu dengan tujuan memfasilitasi para ASN yang sudah mudik ke Jogja, agar mereka tetap bisa memperingati hari lahir Pancasila. Bahkan undangan ini tidak hanya untuk ASN maupun PNS saja, tetapi juga masyarakat umum.

Salah satunya peserta upacara dari luar daerah yakni Sudardi mengatakan, meski sedang mudik di Jogja, dia tetap mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila.

”Ini merupakan kebanggaan bisa melaksanakan upacara ini, karena kami harus tahu tentang Pancasila dan bisa mengenang sejarah kelahiran pancasila agar bangsa Indonesia bisa bersatu dan menjalankan visi misi NKRI,” ungkap Analis Kebijakan Utama Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia ini.

Hal senada dikatakan Siti Nurini, dari Majalengka, Jawa Barat. ”Ini pengalaman pertama saya ikut upacara di luar daerah, apalagi di Jogja upacaranya berlangsung tertib dan khidmat” katanya.

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan tujuan dari penyelenggaraan Hari Lahir Pancasila ini adalah untuk memperkenalkan kembali dasar-dasar Pancasila dan sekaligus menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. (pra/ila)

Jogja Raya