JOGJA – Pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meraih suara terbanyak di TPS 21 Muja Muju Umbulharjo Jogja. Di lokasi itu Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti bersama isteri dan puteri pertamanya nyoblos, Rabu (17/4).

Paslon nomor urut 01 itu meraih 78 suara, sedang paslon 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memperoleh 51 suara. Ketiganya pun kompak mengenakan batik di TPS dengan total pemilih sebanyak 163 orang itu.

HS mendapat kesempatan pertama untuk menggunakan hak pilihnya. Seusai mencoblos, orang nomor satu di Pemkot Jogja itu memilih mencelupkan jari telunjuknya ke tinta pemilu. “Jangan diartikan macam-macam. Sesuai ketentuan, bisa menggunakan jari apa saja. Saya pilih telunjuk biar mantap,” tambahnya.

Bahkan dia mengaku sebelumnya sudah berdiskusi dengan Bawaslu. Terkait pilihan jari yang boleh dicelupkan ke tinta pemilu dan Bawaslu mengatakan bahwa pilihan jari tersebut tidak dilarang.

Dalam kesempatan itu, HS juga mengajak untuk semua warga Kota Jogja untuk menciptakan pemilu yang aman, lancar dan tertib. “Pemilih berdaulat, negara kuat. Slogan itu sangat cocok untuk menggambarkan pesta demokrasi ini,” katanya.

Sedangkan untuk jaminan keamanan, mantan Wakil Wali Kota Jogja itu mengatakan, Pemkot Jogja sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk TNI dan kepolisian untuk memastikan agar kondisi Kota Jogjakarta tetap kondusif. “Tentunya juga dengan partisipasi semua lapisan masyarakat,” ajaknya. (cr8/pra/mg1)

Jogja Raya