UAD Jadi Lokasi  

Lomba Bidang Sastra

JOGJA – Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Ke-14 di Jogjakarta telah resmi dibuka. Technical meeting diselenggarakan di delapan kampus yang tersebar di Jogjakarta, kemarin (17/10). Ke-8 kampus itu adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Sanata Darma (USD), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Stikom “Akindo” dan STPMD “APMD”.

Dari 16 tangkai perlombaan, empat di antaranya digelar  di UAD Kampus IV. Meliputi lomba baca puisi putra dan putri, penulisan cerpen, penulis lakon, dan penulisan puisi.

Dalam sambutannya Rektor UAD Kasiyarno mengatakan, pekan seni sebagai wadah mahasiswa diharapkan mampu menciptakan kompetisi yang sehat dan sportif. “Jaga seni, mental dan budaya,”  katanya.

Dikatakan, mahasiswa yang mengikuti Peksiminas merupakan mahasiswa yang telah terseleksi dan menjuarai di masing-masing tangkai perlombaan tingkat daerah (Peksimida).

Kali ini UAD sebagai tempat penyelenggara tangkai perlombaan di bidang sastra. “Nah ini menjadi kompetisi tangguh lewat prestasi. Kebetulan di UAD ada satu mahasiswa yang diajukan. Yakni tangkai perlombaan penulisan puisi,” ujarnya.

Ketua Panitia Lokal UAD Dedi Pramono menjelaskan, dari keseluruhan peserta 33 provinsi se-Indonesia, sebanyak 143 peserta mengikuti empat tangkai perlombaan. Untuk lomba baca puisi putri diikuti  41 peserta, sementara putra 30 peserta.

Untuk lomba penulisan puisi ada 32 peserta, lomba penulisan cerpen 28 peserta, dan penulisan lakon ada 22 peserta.  Dedi berharap ajang ini dapat  memberikan semangat apresiasi seni tingkat mahasiswa untuk mencintai sastra.

Tangkai perlombaan baca puisi dimulai pukul 08.00 di gedung utama UAD Kampus IV. Masing-masing peserta membaca dua puisi wajib dan pilihan. Puisi-puisi yang dibacakan adalah karya sastrawan Indonesia yang telah disediakan panitia. (cr6/mg4/laz/er/mo2)

Jogja Raya