Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Ke-14/2018

JOGJA – Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2018 dibuka hari ini (16/10). Upacara pembukaan digelar di Lapangan Pancasila, Universitas Gadjah Mada.  Diikuti 1.300 peserta se-Indonesia. acara digelar hingga Sabtu (20/10).

Kontingen Jawa Timur (Jatim) mengerahkan 74 peserta dan 26 ofisial. Di ajang kali ini Jatim menargetkan menang sepuluh tangkai perlombaan. Dengan unggulan tari. Adapun pada Peksiminas ke-14 kali ini ada 16 tangkai perlombaan. Antara lain, penulisan puisi, cerpen, lakon, nyanyi pop, seriosa, keroncong, dangdut, baca puisi, vocal group, komik strip, monolog, fotografi, desain poster, seni lukis, dan tari, serta rebana.

“Kontingen Jatim biasanya masuk lima besar juara,” ujar Ketua Kontingen Jatim Muchammad Rofieq Senin (15/10).

Dikatakan, dua tahun lalu Jatim meraih juara dua untuk tangkai tari Peksiminas ke-13 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Bahkan, pada Peksiminas ke-12 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah meraih juara pertama. Bukan itu saja, tim Jatim juga pernah meraih juara untuk tangkai nyanyi pop, desain poster, seni lukis, dan baca puisi. Setiap peserta merupakan unggulan masing-masing kampus di Jawa Timur. Mereka direkrut melalui seleksi dan pembinaan ketat. “Kami siap menang. Persiapan sejak Peksiminas ke-13 di Kendari,” katanya.

Ketua Harian Badan Pembina Seni Mahasiswa Jawa Timur (BPSMI) Jatim Bambang Soemardiyono menambahkan, selama seminggu di Jogjakarta seluruh anggota kontingen wajib apel pagi dan berkoordinasi. Demi meraih hasil maksimal.

”Jadwal sangat penting. Peserta harus disiplin menjaga kualitas sesuai bidang perlombaan,” tegasnya.

Bambang mengatakan, setiap peserta dilarang menggunakan waktu luang untuk kepentingan pribadi. Mereka harus fokus untuk kompetisi. Saling menjaga kekompakan. Selalu berkoordinasi. Dan berlatih sungguh-sungguh. ”Ini demi menjaga nama baik Jawa Timur. Harus meraih kejuaraan,” ingatnya kepada seluruh anggota kontingen Jatim setelah tiba di Jogjakarta.

Sikap disiplin ditunjukkan anggota kontingen Jatim sejak mereka tiba di Stasiun Tugu Jogjakarta pukul 11.00 kemarin. Mereka segera meluncur ke Hotel Prime Cailendra di Jalan Tamansiswa, Wirogunan, Kota Jogja. sampai hotel mereka langsung menuju kamar masing-masing untuk beristirahat. Usai makan siang pukul 13.00 mereka berkumpul. Berkoordinasi persiapan pembukaan Peksiminas di UGM hari ini.

Peksiminas ke-14 digelar di delapan kampus di DIJ. Antara lain: Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Universitas Kristen Duta Wacana, STIKOM “AKINDO”, dan STPMD “APMD” . (cr6/yog/rg/mo2)

Jogja Raya