JOGJA – Konsisten mengampanyekan gerakan anti narkoba, dua sahabat Mursid dan Bilal Wardoyo terus mengikuti berbagai ajang sepeda. Termasuk acara Fun Bike yang diadakan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.
Mursid dan Bilal mendirikan komunitas yang diberi nama “Waton seneng sehat tanpa narkoba” . Komunitas itu diadakan untuk memotivasi kawula muda agar tidak terjerat dengan narkoba. Komunitas yang mereka dirikan tidak pernah luput mengampanyekan gerakan anti narkoba dengan media sepeda.

“Kalau diajak mengikuti acara yang positif mereka tidak ada keinginan untuk menggunakan (narkoba),” ujar Mursid di sela Fun Bike Minggu (7/10).
Mursid menambahkan langkah yang mereka pilih dengan mengadakan kegiatan bersepeda itu juga sekaligus mengampanyekan gaya hidup sehat. Dengan olahraga, lanjut dia, juga menularkan virus positif gerakan anti narkoba. “Tidak harus kampanye dengan menggurui, cara kami dengan merangkul dan mengajak,” tuturnya.

Sedang Bilal Madukoro yang dikenal dengan Duta Anti Narkoba “Jersey kulit”. Mereka mengayuh sepeda untuk melupakan narkoba. Perhatiannya teralihkan, hingga akhirnya Bilal berhenti untuk mengonsumsi narkoba dan miras.
“Masa hidup saya yang kemarin terpuruk karena dua benda itu. Dengan istri pertama gagal karena benda itu. Kedua juga. Tapi yang ketiga ini yang membantu saya bangkit dari keterpurukan,” ceritanya.

Menjadi mantan seorang pecandu membuat Bilal peduli kepada sesama. Ia merasa perlu berperan mencegah peredaran narkoba, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengkampanyekan bahaya narkoba dengan bersepeda. Termasuk saat fun bike kemarin dengan bertelanjang dada untuk menarik perhatian masyarakat, yang dipunggungnya bertuliskan “Bersama Rakyat TNI Kuat Stop Narkoba dan Hoax”. (mg5/pra/er/mo2)

Jogja Raya