JOGJA – Rangkaian HUT ke-262 Kota Jogja, yang dirayakan melalui Festival Jogja 2018 mendapat perhatian warga dan wisatawan. Salah satunya Malioboro Night Carnival, yang membagikan 26.262 cangkir kopo gratis selasa malam (2/10).

Dalam Malioboro Night Carnival yang digelar sejak pukul 22.00 hingga 07.00 keeskokan harinya bisa mendatangkan ribuan orang di kawasan Malioboro.

“Kopi ini adalah minuman khas Indonesia dan memperingati HUT Kota Jogja dibagikan 26.262 cangkir kopi cuma-Cuma,” ujar Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti saat membuka acara.

Karena banyaknya pelaku industri kopi yang terlibat, tak ayal pedestrian sepanjang Jalan Malioboro pun terbentang pelapak kopi yang menawarkan berbagai rasa dan aroma. Sesuai tajuknya, Merajut Kopi Nusantara, terajut pula kebersamaan para penikmat kopi dari Sabang sampai Merauke.

Seruni Coffee, misalnya, yang menawarkan berbagai jenis kopi, diantaranya Gayo dan Mandaling untuk jenis Arabika. Sedangkan untuk jenis Robusta ia menyediakan Kopi Temanggung.

“Kami bersyukur bisa terlibat dalam acara ini. Dengan begitu masyarakat bisa tahu kalau negeri kita kaya kopi,” jelas manajer Seruni Coffee Adhi Wiratomo.

Menurut ketua panitia Malioboro Night Coffe Festival Anggi Dita mengatakan tiga titik pembagian kopi gratis ini diantara depan Hotel Inna Garuda, Mall Malioboro dan Hotel Mutiara.

Berbeda dengan yang digelar tahun lalu hanya pada satu titik, pada tahun ini dipecah menjadi tiga. Selain membagikan kopi gratis, perhelatan kali ini juga menghimpun donasi untuk korban Tsunami di Palu dan Donggala.

Sementara itu Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi menambahkan Festival Jogja 2018 juga digunakan untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke Jogja. Kegiatan seperti festival kopi, hingga Wayang Night Carnival dan acara lainnya diharapkan bisa menghibur wisatawan yang datang ke Jogja.

“Dengan datangnya wisatawan ke Jogja, saya harap bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Puncaknya bertepatan dengan hari jadi Kota Jogja pada 7 Oktober mendatang, di kawasan Tugu Jogja akan digelar Wayang Jogja Night Carnival. Rencananya berbagai pementasan wayang modern hingga tradisional, dari warga Kota Jogja akan dihadirkan malam itu. (cr5/cr10/pra)

Jogja Raya