BANTUL – Merayakan hari kemerdekaan RI ke-73, warga Dusun Kepek RT 03 dan RT 04 Timbulharjo Sewon Bantul menggelar wayang kulit semalam suntuk Minggu (26/8). Dengan menghadirkan Dalang Ki Seno Nugroho.

Kegitan tersebut dihadiri Kapolres Kabupaten Bantul, Danramil Kecamatan Sewon, Camat Sewon, Lurah Desa Timbulharjo, serta anggota DPRD DIY. Sebelum pagelaran wayang kulit warga dan tamu undangan disuguhi dengan persembahan Tari Pudjiastuti.

Wayang kulit dengan Dalang Ki Seno Nugroho itu mengangkat lakon Semar Mbangun Deso.Inti ceritanya adalah mengajak kepada seluruh warga untuk ikut berperan serta dalam membangun wilayahnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan wayang secara simbolis oleh Joko Purnomo didampingi Pramudianto Indra Dwi Atmo selaku anggota komisi B DPRD DIJ kepada Dalang Ki Seno Nugroho.

Anggota komisi B DPRD DIY Joko Purnomo dalam sambutannya mengatakan masyarakat mempunyai kewajiban untuk nguri-uri budaya dan suatu bangsa akan bahagia. “Kalau di dalamnya ada agama yang menjadi tuntunan utama bagi masyarakat, serta dibelakangnya mendampingi adalah seni budaya,” katanya.

Ditambahkannya, tak hanya berfikir tentang agama dan budaya saja akan tetapi masyarakat juga tak boleh melupakan mengenai pembangunan infrastuktur di daerahnya.

Ngadino selaku ketua panitia mengatakan berbagai kegiatan seni budaya berkembang di Dusun Kepek yang saat ini masih terus eksis. Termasuk kesenian jathilan, kethoprak, maupun reog. Kegiatan berkaitan budaya lainnya yang diadakan yaitu merti dusun yang diikuti oleh para warga Dusun Kepek pada siang harinya.

Ditemui terpisah, Wardoyo selaku Kepala Seksi obyek daya tarik wisata Dinas Pariwisata DIY mengapresiasi usaha yang dilakukan masyarakat Dusun Kepek untuk menjaga dan melestarikan seni tradisi di wilayahnya.
Diharapkan, masyarakat Kepek yang mandiri dan memiliki rasa seni yang tinggi ini kegiatan ini dapat menggugah semangat warga untuk tetap melestarikan kebudayaan di daerahnya. (*/a1/pra/mg1)

Jogja Raya