JOGJA – Padukuhan Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman menggelar Gowok Semarak 2018. Agenda yang dihelat mulai Sabtu hingga Jumat (5-10/8) ini untuk memperingati ke-73 hari kemerdekaan RI. Rangkaian acara itu terselenggara atas kerjasama Padukuhan Gowok dengan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY.

Ada beragam acara yang digelar dalam Gowok Semarak 2018. Antara lain, gerak jalan, jalan santai, berbagai perlombaan 17-an. Puncaknya adalah pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho. Dengan lakon Kresna Duta.
Tak sedikit warga Gowok yang ikut berpartisipasi. Apalagi, ada bazar yang digelar selama lima hari.

Panitia Gowok Semarak 2018 Wayan Ardiansyah menyebutkan, Padukuhan Gowok berpenduduk 5000 orang. Tersebar di 18 RT. Karena itu, dia berharap event ini dapat mempererat hubungan antarwarga. Sekaligus menciptakan rasa toleransi. Sebab, tidak sedikit pendatang yang menghuni di Padukuhan Gowok.
”Semoga event ini menjadi wadah bagi warga untuk mengembangkan potensinya,” harapnya.

Kepala Seksi ODTW Dispar DIY Wardoyo mengatakan, kegiatan Gowok Semarak 2018 memberikan ruang kepada warga untuk dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya.

Dukungan Dispar, kata Wardoyo, berupa serangkaian agenda yang bersifat menghibur. Itu sekaligus untuk mendukung sektor pariwisata.
”Dengan kegiatan ini, kebudayaan maupun kesenian di Padukuhan Gowok dapat terjaga dan dilestarikan,” harapnya. (*/a1/mg1)

Jogja Raya