JOGJA – Empat petahana anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal DIJ yang akan maju lagi dalam Pemilu 2019. Harus siap bersaing dengan calon anggota DPD yang baru. Termasuk para politikus yang saat ini masih duduk di DPRD DIJ.

Mereka adalah Wakil Ketua DPRD DIJ Arif Noor Hartanto dan anggota Komisi C DPRD DIJ Chang Wendriyanto. Pada Rabu sore (11/7) keduanya sudah memasukkan berkas pendaftaran calon senator DPD ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIJ.

Calon lain yang sudah memasukkan berkas pendaftaran adalah Bambang Soepijanto, Hilmy Muhammad, Fidelis Indriarto, dan Yohanes Widi Praptomo.
Inung, sapaan Arif Noor Hartanto siap bersaing dengan empat petahana maupun calon senator lain. Dari pertemuan dengan masyarakat ada suara yang menginginkan hal yang baru.

Termasuk dorongan dari berbagai kalangan dan organisasi masyarakat dan lintas elemen politik. “Suara yang ditangkap masyarakat menginginkan energi dan passion yang baru,” kata Inung.

Majunya Inung disebut sebagai jalan menjaga keistimewaan Jogja serta hubungan dengan Pusat. Juga menjalin hubungan senator dengan anggota DPR RI dari DIJ. “Seperti diketahui, kewenangan terbesar masih di ruang sebelah (DPR),” kata Inung.

Ketua KPU DIJ Hamdan Kurniawan mengatakan penerimaan berkas pendaftaran ditunggu hingga tadi malam pukul 24.00. Jika hingga batas waktu tersebut para bakal calon tidak memasukkan berkas pendaftaran dianggap tidak melanjutkan proses pendaftaran.

Hamdan mengatakan tidak ada konsekuensi bagi bakal calon yang tidak melanjutkan proses pendaftaran. “Itu hak politik tiap calon,” ujar Hamdan. (pra/iwa/fn)

Jogja Raya