SLEMAN – Untuk kali pertama, Jogja memiliki SNI Corner. Program yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses terkait informasi standarisasi ini diresmikan di Gedung Perpustakaan UII, Senin (2/7).
Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetyo mengatakan program SNI Corner tersebut sudah ada sejak 2013. Total sudah ada 26 unit tersebar di beberapa wilayah Indonesia.
“Untuk di Jogja ini kali pertama. Ada dua universitas, yaitu UII dan UGM. Program ini bersifat mandiri, dari UII kami hanya memberi konten terkait standarisasi,” jelas Bambang.

SNI Corner menyediakan informasi standarisasi, kebijakan, produk riset, dan konten terkait. Bisa dimanfaatkan kampus maupun masyarakat dan pemerintah.
Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN Zakiyah mengatakan dari program ini mahasiswa maupun masyarakat bisa belajar tentang standar barang, jasa, sistem manajemen, profesi, dan proses.
“Mereka juga bisa mengakses terkait kebijakan standarisasi nasional maupun internasional,” kata Zakiyah.

Melalui program tersebut mahasiswa juga bisa mencari hasil riset untuk referensi. Penelitian mahasiswa juga dapat dipatenkan lewat program ini atau melakukan perbaikan penelitian.
Rektor UII Fathul Wahid berterima kasih atas kerjasama dengan BSN yang diwujudkan melalui SNI Corner ini. “Ini langkah awal yang baik untuk mahasiswa dan masyarakat, mereka bisa belajar sejak dini tentang SNI,” kata Fathul. (ita/iwa/mg1)

Jogja Raya