JOGJA- Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KSAD) Mayjen TNI Supartodi mengunjungi lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101/2018 Kodim 0734/Jogja di Kampung Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Jogja, Kamis (19/4/2018).

Sebelum menuju lokasi TMMD Supartodi yang didampingi anggota tim pengawasan dan evaluasi (wanev) TMMD Mayor Inf Deny Ahdiani Amir (Pabanda Binsiap Apwil Spaban II/Puanter Sterad) lebih dulu berkunjung ke Makodim 0734/Jogja untuk menerima paparan Dansatgas TMMD Reguler Letkol Inf Rudi Firmansyah. Dilanjutkan ramah tamah dengan Forkompinda Kota Jogja.

Dalam kesempatan itu Supartodi menguraikan bahwa TMMD merupakan merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tema manunggal berarti menjadi satu dalam sikap dan tingkah laku. Hal ini merupakan keniscayaan karena tentara sendiri lahir dari rakyat,” tuturnya.

Kebersamaan itu sebagai bentuk sinergitas dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang. Termasuk membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun kehadiran rombongan Aster KSAD disambut bregada prajurit Keraton Jogjakarta dan pementasan tari gambyong oleh penari dari sanggar Cahyo Gumelar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Masih satu rangkaian penyambutan Aster KSAD juga dilakukan kegiatan pembagian sembako gratis bagi warga Pandeyan dan donor darah di Taman Legawong.

Supartodi lantas menyempatkan meninjau langsung pembangunan talud Sungai Gajahwong, rehab 10 rumah tidak layak huni dan balai RW 8, serta gedung PAUD Tuna Bangsa. Juga perbaikan sarana mandi cuci kakus (MCK).

Turut hadir mendampingi Aster KSAD Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muh Zamroni, Palakhar Aster Dam IV/Dip Kolonel Kav Puji Setiono, Kasiter Rem 072/Pamungkas Kolonel Inf Jaelani, Pabandiya Bhakti TNI Dam IV/Dip Letkol Inf Rafiudin, Pabandya II Puanter Sterad Mayor Inf Deny Ahdiani Amir, Dandim 0734/Jogja Letkol Inf Rudi Firmansyah, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, Kapolresta Jogja Kombes Pol Tomy Wibisono, Kajari Jogja Ariefsyah Mulia Siregar, dan pejabat teras Pemkot Jogja.

Sementar itu Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, sasaran program TMMD Reguler telah berjalan 15 hari. Sebagian sasaran fisik maupun non-fisik telah selesai, dan sisanya masih dalam proses pengerjaan.(yog)

Jogja Raya