JOGJA– Kampung Gambiran, Umbulharjo tiba-tiba disambangi sejumlah pasukan loreng dari Kodim 0734/Jogja, Kamis (29/3/2018). Para serdadu ini sengaja datang untuk menunaikan tugas kenegaraan. Bukan untuk berperang, melainkan melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101, yang juga serentak dilakukan TNI-AD di seluruh wilayah di Indonesia.

Kedatangan Tim TMMD ini dipimpin langsung Dandim 0734/Jogja Letkol Inf Rudy Firmansyah, yang sekaligus bertindak sebagai komandan Satgas TMMD Jogja. Rudy sengaja datang untuk memetakan kondisi di lapangan, sehingga persiapan untuk seluruh kegiatan TMMD dapat dilakukan dengan sempurna.

Rudy mengatakan, proram inti TMMD Jogja kali ini berupa pembangunan talud dengan bronjong 86 meter serta rehab 10 unit rumah tidak layak huni dan balai RR. Juga perbaikan fasilitas MCK.

Diakui, beberapa kendala terjadi terutama mobilitas distribusi bahan material. Karena akses menuju lokasi pembangunan talud terlalu sempit. Namun hal ini tak jadi soal. Material dilansir menggunakan pikap.

“Kehadiran TMMD di Gambiran tentu saja menjadi sejarah penting bagi masyarakat,” ujar Rudy.(yog)

Jogja Raya