JOGJA – Peningkatan dan pengembangan ilmu di perguruan tinggi ditentukan oleh dosen dan guru besar. Capaian tersebut bisa diukur salah satunya dari kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah yang diproduksi civitas akademika

“Dengan begitu, berdampak pula pada kemampuan lulusan dari proses transfer knowledge antara pengajar dan mahasiswanya,” ungkap Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD di hadapan 621 lulusan peserta wisuda periode II di Gedung Multipurpose, Rabu (22/2).

Langkah konkret yang dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga melalui program unggulan, yaitu International Postdoctoral Program dan penerbitan jurnal internasional. Program Postdoctoral angkatan pertama telah diikuti 16 dosen dalam negeri dan dua dosen luar negeri dari Texas, Amerika Serikat, Berlin, dan Jerman.

Selain itu, saat ini telah ada 12 PTKIN yang menjalin kerja sama untuk mengikuti program tersebut. Sementara ini, UIN Sunan Kalijaga telah memiliki jurnal internasional Al-Jamiah: Journal of islamic Studies yang terindeks di Scopus.

“Pengadaan jurnal internasional dalam jangka panjang akan diaplikasikan di setiap fakultas untuk meningkatkan produktivitas karya ilmiah dosen, guru besar dan mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, dalam wisuda periode II tersebut UIN Sunan Kalijaga meluluskan 621 sarjana. Di mana satu orang lulusan Program Diploma Tiga, 511 lulusan sarjana, 103 lulusan magister, dan enam orang lulusan program doktor. Sampai saat ini jumlah alumni UIN Sunan Kalijaga adalah 53.276 orang, 529 bergelar Doktor dan 4.299 bergelar Magister.

Wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik dan tercepat adalah Vicky Tamara dari jurusan Bimbingan dan Konseling Islam dengan IPK 3,82. Serta Gema Wahyu Perdana jurusan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan IPK 3,71. Ada pula Azhari Andi jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir dengan IPK 3,90. Sedangkan dari jurusan Psikologi diraih Ageng Larasati jurusan dengan IPK 3,68. Nilai tertinggi jurusan Ekonomi Syariah diraih Neneng Ela Fauziyyah jurusan Ekonomi Syariah dengan IPK 3,92. (ita/ila/mg2)

Jogja Raya