DIJ-Krokowa Jajaki

Sister Province

JOGJA – Memiliki kemiripan sebagai provinsi dengan sejarah yang panjang, Jogjakarta dan Krokowa, Polandia berharap terjalin kerja sama yang baik, terutama di bidang pendidikan. Keinginan itulah yang membuat Duta Besar Polandia H.E Tadeusz Szumowski secara khusus bertemu Gubernur DIJ Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, kemarin (31/1).
Tadeusz mengatakan, Krokowa merupakan salah satu provinsi tertua di Polandia yang memiliki banyak universitas ternama, termasuk keberaaan universitas tertua, baik itu di Polandia maupun di Eropa. “Bisa dikatakan di sana kota pendidikan, mirip dengan Jogjakarta, selain dengan sejarahnya yang panjang,” ujarnya.
Kemiripan inilah yang membuatnya optimistis bisa terjalin hubungan yang harmonis, khususnya antara Jogjakarta dan Krokowa sebagai sister province. Apalagi di bidang pendidikan di mana di Krokowa memiliki banyak universitas dengan beasiswa dari pemerintah yang juga terbuka lebar dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa asal Indonesia.
Menurutnya, pemerintah Polandia banyak menyediakan beasiswa dan saat ini lebih banyak diberikan di bidang teknik. Namun tidak sedikit juga beasiswa yang diperuntukan untuk bidang lainnya.
“Biasanya untuk dua atau tiga tahun. Yang tiga tahun biasanya setahun digunakan untuk kelas bahasa sebelum memulai,” ujar Tadeusz didampingi profesor Tadeusz Cegielski dari Universitas Warsaw, Polandia.
Dikatakan, saat ini setidaknya ada 400 mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Polandia. Harapannya, dengan adanya sister province nantinya akan lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang menuntut ilmu di Polandia.
Harapan terjalinnya sister province antara Jogjakarta dengan Krokowa disambut positif oleh Gubernur HB X. Namun, butuh proses pendekatan dan dialog yang lebih dalam sehingga bisa terwujudnya kerja sama itu. “Masyarakat atau mahasiswa khususnya nantinya bisa ikut mendukung proses tersebut,” ujarnya. (dya/laz/mg2)

Jogja Raya