JOGJA – Pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017, di DIJ ada dua daerah yang akan melaksanakannya, yaitu Kota Jogja dan Kabupaten Kulonprogo. Berkaitan dengan itu, Bawaslu DIJ akan membentuk Panwas Kabupatan/Kota. Proses pembentukan merujuk pada Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas dan edaran yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

Saat ini, Bawaslu DIJ membentuk tim seleksi (Timsel) yang terdiri dari tiga orang. Ketiga orang ini berasal dari unsur akademisi, profesional dan tokoh masyarakat yang memiliki integritas. Menurut Anggota Bawaslu DIJ Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bagus Sarwono, timsel bertugas untuk melakukan penjaringan dan penyaringan calon Panwas Kota Jogja dan Kabupaten Kulonprogo.

“Penjaringan adalah proses untuk mencari sebanyak-banyaknya peserta yang memenuhi syarat sebagai calon Panwas Kabupaten/Kota. Sedangkan penyaringan adalah proses untuk menyeleksi dan mengeliminasi peserta melalui tahapan-tahapan tertentu dengan output adalah enam besar calon anggota Panwas Kabupaten/Kota,” katanya, kemarin (7/4).

Dijelaskan Bagus, sebelumnya pada 1 April 2016 lalu pimpinan Bawaslu DIJ telah melakukan rapat pleno dan menentukan tiga orang timsel tersebut. Yakni Mada Sukmajati dari kalangan akademisi dan dosen Fisipol UGM, Sri Hastuti Puspitasari Dosen FH UII dan Octo Lampito dari kalangan media.

“Dalam waktu dekat timsel akan membuat pengumuman pendaftaran dan menerima pendaftaran secara terbuka. Timsel diberikan kewenangan menyeleksi melalui tiga tahap yaitu tahapan seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara,” terangnya.

Output akhir dari kerja timsel tersebut, berupa enam besar calon anggota Panwas yang akan mengikuti satu proses seleksi lagi. Yaitu uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Bawaslu DIJ.

“Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan ini adalah berupa tiga nama Anggota Panwas Kota Jogja terpilih dan tiga orang Anggota Panwas Kabupaten Kulonprogo terpilih,” paparnya.

Pihaknya menargetkan pada akhir Mei 2016 harus sudah terpilih Panwas di dua daerah tersebut. Untuk selanjutnya akan dilantik pada akhir Mei 2016 atau awal Juni 2016. (riz/dem/ong)

Jogja Raya