AHMAD RIYADI/RADAR JOGJA
JEMPUT BOLA: Kepala PT Jasa Raharja DIJ I Ketut Suardika ketika menyerahkan santunan kepada masinis KAI yang menjadi korban kecelakaan.
JOGJA – PT Jasa Raharja melanjutkan road show sosialisasi. Kali ini instansi yang dituju adalah PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI. Jasa Raharja memberikan sosialisasi prosedur pengajuan santunan dan pembayaran biaya perawatan bagi korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum.

“Pelayanan santunan Jasa Raharja sekarang adalah jemput bola,” kata Suardika ketika memberikan sosialisasi kepada kepala Stasiun KA di Dapo VI di Ruang Bima Loka Kantor KAI Daop VI pekan lalu. Pelayanan ini berlaku bagi korban yang mengalami luka-luka maupun meninggal dunia. Setiap mendapatkan informasi kecelakaan, petugas Jasa Raharja langsung menghubungi kepolisian dan mendatangi rumah sakit tempat korban dirawat.

Selanjutnya, petugas Jasa Raharja menerbitkan surat jaminan pembayaran biaya perawatan kepada rumah sakit. Sehingga, korban tidak perlu membayar biaya perawatan. “Rumah sakit yang akan menagihkan biaya perawatan pasien ke Jasa Raharja,” kata Kepala PT Jasa Raharja DIJ I Ketut Suardika.

Untuk korban meninggal, Jasa Raharja akan membantu ahli waris untuk melengkapi berkas persyaratan pengajuan santunan, seperti laporan polisi (LP) dan identitas diri korban. “Santunan untuk korban meninggal dibayarkan hari itu juga,” tegas Suardika.‬
Santunan dari Jasa Raharja juga berlaku bagi penumpang dan korban yang tertabrak kereta api. Humas Jasa Raharja DIJ Arnold Dwi Novrianto menambahkan, negara hadir memberikan perlindungan dasar kepada para korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang angkutan umum melalui santunan Jasa Raharja.

Jasa Raharja merupakan sebagai penjamin pertama dan BPJS penjamin kedua. “Kami siap memberikan pelayanan Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah & Empati (PRIME),” terang Arnold‬.

Kepala PT KAI Daop VI Hendy Helmy mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Dia berharap sosialisasi ini memberi pemahaman kepada para kepala stasiun. “Kerja sama sangat penting. Kenyamanan dan keselamatan adalah prioritas utama,” kata Hendy didampingi Wakadaop VI Anang Yoyo dan Manajer Unit Kesehatan dr Astrid Anindita.

Manajer Unit Kesehatan dr Astrid bangga terhadap langkah jemput bola petugas Jasa Raharja. “Kemarin Asisten Masinis KAI Dapop VI Danang Romadhoni mendapat santunan dari Jasa Raharja, prosesnya mudah dan cepat,” puji Astrid.(mar/din/ong)‬

Aman di Jalan