JOGJA – Setelah sempat tertunda kurang lebih selama 11 jam, akhirnya jamaah haji asal Kota Jogja tiba di Jogja. Penundaan harus terjadi, akibat ada kerusakan peswat yang mengangkut rombongan haji dan harus mendarat di Colombo Srilanka.
“Dampak dari kloter 14 yang pesawatnya mengalami kerusakan, jadwal kepulangan menjadi mundur,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jogja Sigit Warsito kemarin (20/10).
Seharusnya kloter 26 sudah tiba di Jogja pada Minggu malam (19/10), setelah kedatangan kloter 25 dengan 220 jamaah haji yang mendarat di Bandara Adi Sumarmo Solo dan sampai di Balaikota Jogja pukul 23.00 WIB.
Untuk kloter 26 terdiri 178 jamaah haji tiba di Balai Kota Jogja Senin sore (20/10) disambut Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. “Selamat datang kembali di Kota Jogja,” sambut HS.
Dengan diangkut lima bus, jamaah haji asal Kota Jogja ini langsung mencari keluarga mereka yang sudah menunggu sejak siang. Isak tangis mewarnai pertemuan jamaah haji dengan keluarga yang ditinggalkan selama beribadah haji. Saat kedatangan jamaah, juga disambut hujan gerimis di Balai Kota Jogja.
Sigit mengatakan, dari total jamaah haji dari Kota Jogja, secara keseluruhan kondisi jamaah haji dalam keadaan sehat. Meski juga diakui ada satu jamaah yang meninggal dunia, yakni jamaah asal Kauman Jogja. ( pra/jko/ong)

Jogja Raya