RADAR JOGJA – Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah Budi Setiawan merespon bencana Gempa Cianjur. Berupa instruksi pengiriman relawan ke daerah bencana sejak Selasa sore  (21/11). Fokusnya memberikan bantuan kepada warga terdmpak di Cianjur, Jawa Barat.

“Hari ini Allah memberikan satu cobaan kita bersama dengan adanya gempa di Cianjur. MDMC telah meminta kepada relawan di Cianjur dan Jawa Barat untuk segera berkoordinasi untuk melakukan respon cepat,” jelasnya, Senin (21/1).

Tak hanya itu, MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menugaskan tim asistensi. Guna membantu MDMC Wilayah Jawa Barat dan MDMC Kabupaten Cianjur dalam melaksanakan respon tanggap darurat.

“MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan segera menuju ke lokasi untuk melakukan pengembangan, kegiatan dan respon. Sehingga kemudian semuanya berlangsung dengan seksama,” katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan informasi dari BMKG, gempa magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur hari ini (21/11) pada 13:21 WIB. Episentrum gempa memiliki kedalaman 10 kilometer. Sementara untuk pusat gempa berada di darat atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur. 

MDMC PP Muhammadiyah juga mengerahkan tim bantuan medis dari RS Muhammadiyah Bandung. Adapula tim dari RSI Pondok Kopi, Jakarta Timur. Masing-masing rumah sakit 5 personil, dengan rincian 1 dokter, 2 perawat, 1 tenaga farmasi dan 1 logistik. 

“MDMC Jawa Barat mengerahkan personil untuk membantu relawan Muhammadiyah Kabupaten Cianjur. Ada 3 personil dari wilayah, 8 dari Kabupaten Bogor dan 5 dari Kota Bandung. Relawan Muhammadiyah Cianjur sudah bergerak, Pos koordinasi di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cianjur,” ujar Sekretaris MDMC Jawa Barat Ade Irvan Nugraha (dwi)

Nusantara