RADAR JOGJA – Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengadakan konferensi pers pada Jumat, 3 Juni di Jakarta untuk meluncurkan produk pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio pertama di Unicharm Group yang menggunakan Bio Material berasal dari tumbuhan tebu.

Produk yang diluncurkan kali ini menggunakan bio material di kemasan luar, kemasan individual, dan top sheet untuk pertama kalinya di Unicharm Group. Selain itu, bio material juga digunakan pada bagian back sheet, sehingga dapat mengurangi penggunaan jumlah plastik berbahan dasar minyak bumi.

Latar Belakang Peluncuran Produk Minyak bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Minyak mentah adalah bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu. Namun, karena energi ini tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya terbatas, dan diperkirakan dalam sekitar 50 tahun mendatang akan habis.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan slogan PT Uni-Charm Indonesia Tbk yaitu Ethical Living For SDGs yang berarti melakukan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, maka dilakukan upaya untuk membentuk lingkungan yang berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya yang dapat diperbarui.

Charm Herbal Ansept+ Bio yang diluncurkan kali ini sebagian materialnya berasal dari sumber daya yang dapat diperbarui dan berasal dari tumbuhan, yaitu tebu.

Presiden Direktur Yuji Ishii menjelaskan untuk meluncurkan pembalut menggunakan Bio Material, departemen R&D kami melakukan riset selama kurang lebih 4 tahun dan bekerjasama dengan badan riset dalam dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali.

“Hasilnya, kami berhasil meluncurkan Charm Herbal Ansept+ Bio yang top sheet, yaitu bagian yang bersentuhan langsung dengan kulitnya menggunakan BioMaterial yang dibuat dari saringan serat tebu, dalam edisi terbatas. Selain itu, back sheet, kemasan individual dan kemasan luarnya juga menggunakan Bio Material. Upaya ini merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, yang kami anggap akan dapat berkontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi,” jelasnya.

“Melanjutkan launching pembalut Charm Safe Night dan masker Protect Pollution dalam kemasan kertas di tahun 2021 lalu, di tahun ini kami juga meluncurkan popok bayi MamyPoko Royal Soft New Born tipe perekat dengan kandungan kapas organik dalam edisi terbatas pada pertengahan bulan Juni, untuk dijual terutama di online shop,” tambahnya.

Disamping itu, untuk mempenetrasikan Ethical Living for SDGs, akan dibuat Ethical Living Corner di Official online shop yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Setelah mendengar penjelasan tentang Ethical Living for SDGs, Putri Lingkungan Indonesia 2020 Putu Ayu Saraswati mengajak masyarakat untuk sehat dan cinta lingkungan. Salah satu contohnya membiasakan diri untuk berjalan kaki saat menuju tempat yang dekat.

“Ketika berbelanja pun saya menggunakan tas daur ulang. Dengan menerapkan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan dan juga kesehatan diri saya,” ajaknya. (*/Dwi)

Nusantara