RADAR JOGJA – Perempuan merupakan calon ibu bagi anak-anak yang akan menjadi pemimpin bangsa. Mereka merupakan pengajar dan pendidik pertama bagi anak-anaknya, termasuk di dalamnya ketertiban dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Sayangnya dalam konteks perilaku berkendara di jalan raya masih banyak ditemukan pelanggaran lalu-lintas yang dilakukan oleh perempuan.

Merespons hal tersebut, Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jogjakarta, Kedu, dan Banyumas berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY mengadakan seminar safety riding menyambut peringatan Hari Kartini. Kegiatan ini diikuti oleh 106 perempuan perwakilan dari Univesitas Negeri Yogyakarta dan beberapa perwakilan dari sekolah binaan Astra Motor Yogyakarta di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, Selasa (19/4).

“Tujuan pengendara sepeda motor di jalan raya hanya satu yaitu selamat sampai tujuan dan kita sebagai pengendara yang baik harus taat aturan lalu lintas,” ungkap AKP. Dwi Puji Astuti, S.H., M.M. PS Kasigar Subditgakkum Ditlantas Polda DIY.

Seminar safety riding kali ini dibagi menjadi beberapa segmen. Dimulai dengan pembukaan oleh Dirlantas Polda DIY yang diikuti teori mengenai menaati aturan lalu lintas dan juga aturan tilang elektronik atau ETLE yang isunya sedang populer saat ini.

Selain itu instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta juga berbagi ilmu mengenai pentingnya sosok perempuan pengendara sepeda motor untuk menjadi contoh dan role model keselamatan berekendara di jalan raya terutama bagi keluarganya. Hal tersebut dapat dimulai dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, saling menghargai sesama pengguna jalan dan juga konsisten mematuhi aturan lalu lintas.

Seminar safety riding kali ini dimeriahkan dengan beberapa aktivitas menarik seperti pemilihan kostum terbaik (best dresscode), safety riding reels competition dan juga kuis interaktif. Selain itu para peserta juga diberikan hadiah helm sebagai simbolis duta safety riding perempuan.

“Perempuan yang hebat adalah perempuan yang bisa menjadi contoh yang baik bagi anak maupun keluarganya. Termasuk di dalamnya dalam dalam hal ini berkendara di jalan raya dan mentaati peraturan lalu lintas,” tutup Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal. (*/ila)

Nusantara