RADAR JOGJA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika Lombok pada 12 November 2021 dan akan menjadi tuan rumah ajang balap dunia MotoGP tahun ini. Berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sirkuit Mandalika banyak menarik wisatawan yang penasaran seperti apa sirkuit bertaraf Internasional ini. Apalagi lokasinya juga strategis dan dekat dengan berbagai spot wisata yang bisa Anda kunjungi.

Sirkuit Mandalika ternyata berada di kawasan yang dikelilingi banyak destinasi wisata menarik. Nah, jika Anda merencanakan untuk liburan ke Lombok, ada banyak hotel dekat sirkuit Mandalika seperti Novotel Lombok yang pastinya akan membuat Anda nyaman saat menginap. Apa saja kawasan wisata yang dekat dengan sirkuit Mandalika? berikut ini Traveloka sudah merangkum ulasannya untuk Anda.

Pantai Tanjung Bongo

Pantai indah ini berjarak 3,3 Km dari Sirkuit Mandalika atau sekitar 13 menit perjalanan. Sementara dari Bandara International Lombok hanya perjalanan 30 menit saja. Pantai ini memang terbilang belum populer di kalangan para wisatawan. Karena itulah keindahan yang disajikan pantai ini masih natural dan sangat menenangkan. Dengan pemandangan pantai yang begitu mempesona, pantai terletak di balik Bukit Merese Lombok.

Untuk mencapai pantai yang indah ini, Anda harus sedikit melakukan soft-trekking melewati bukit dan menuruni tebing. Namun Anda harus berhati-hati karena posisi tebing cukup terjal.Karena posisi Pantai Tanjung Bongo langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, Anda juga tidak disarankan untuk berenang saat air laut pasang.

Bukit Merese

Bukit Merese berada sekitar 3,3 Km dari sirkuit Mandalika. Bukit yang biasa disebut sebagai bukit cinta ini memerlukan waktu sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Internasional, Lombok. Bukit ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan membuat para traveler yang datang akan jatuh cinta. Selain itu, bukit ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Sebaiknya Anda tidak mendaki bukit Merese saat musim hujan dan gunakan sepatu agar perjalanan Anda lebih nyaman.

Pantai Batu Berang

Masih tidak banyak pelancong yang tahu, bahwa di desa Mertak yang dekat dengan Sirkuit Mandalika ada surga tersembunyi yaitu Pantai Batu Berang. Pantai yang masih jauh dari atensi para pelancong ini berjarak 6,7 Km dari sirkuit Mandalika atau sekitar 19 menit dari perjalanan. Pantai Batu Berang bertempat di Desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah dan masih satu jalur dengan lokasi wisata lain yaitu TWA Gunung Tunak. Pemandangan pantai Batu Berang sangat indah ditambah dengan pasir putihnya yang lembut.

Tak jauh dari pantai Batu Berang,  ada kawasan hutan mangrove yang membentang. Bila beruntung Anda bisa melihat satwa liar khas hutan mangrove.Selain bisa berkeliling hutan mangrove, Anda juga bisa berenang, berbaring di pasir putih, berjalan-jalan menyusuri pantai dari ujung ke ujung, hingga merasakan semilir angin sambil duduk  dan minum es kelapa segar. Di pantai ini Anda juga bisa mencoba wisata kuliner dari hidangan khas Lombok yang lezat dan dijajakan masyarakat setempat di rumah makan apung.

Desa Sade

Desa wisata ini berjarak sekitar 13,3 Km atau perjalanan 28 menit dari sirkuit Mandalika.Desa Sade merupakan salah satu destinasi wisata dimana Anda bisa melihat secara langsung kehidupan masyarakat dan adat suku Sasak di Lombok. Rumah-rumah tradisional di desa ini dibangun dengan jarak berdekatan. Atap rumahnya yang pendek, mengharuskan para pengunjung yang hendak memasuki rumah adat warga Desa Sade untuk sedikit membungkukkan kepala. Di desa ini Anda juga bisa menemukan para ibu-ibu pengrajin kain tenun cantik khas Lombok . Anda bisa belajar cara menenun kain dan bisa membeli kain hasil kerajinan tangan warga sebagai oleh-oleh.

Itu tadi 4 destinasi wisata dekat dengan sirkuit Mandalika. Tak hanya mendapat sensasi menonton balap internasional, Anda juga mendapat bonus bisa menikmati destinasi wisata  yang indah dan dekat dengan Sirkuit Mandalika. Untuk urusan booking hotel, Anda bisa dapatkan di Traveloka, #TemanHidup untuk lifestylemu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check in, dan hotel online check-in.

Di masa pandemi ini, jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan selalu mencuci tangan. Tidak perlu khawatir karena hotel yang Anda pesan di Traveloka sudah mengikuti protokol kesehatan ketat seperti menyemprot seluruh ruangan dengan disinfektan dan vaksin lengkap seluruh pegawai. Yuk, booking hotel di Traveloka. (*/ila)

Nusantara