RADAR JOGJA – Liga basket pelajar terbesar di tanah air, Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) akhirnya terselenggara di Pulau Dewata. Ditandai dengan opening party yang dilangsungkan Rabu (17 November 2021).

Bertempat di GOR Purna Krida Kerobokan, Honda DBL 2021 Seri Bali ini akan berlangsung hingga 25 November mendatang. Diikuti oleh 413 peserta dari 19 tim putra dan putri yang mewakili 14 sekolah se provinsi Bali.

Seperti penyelenggaraan di kota lain, Honda DBL 2021 Bali Series ini juga digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sesuai dengan arahan pemerintah yang tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri)  Nomor 57 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali.

Sejumlah ketentuan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat harus dijalankan oleh DBL Indonesia serta Astra Honda Motor (AHM) selaku penyelenggara. Seluruh yang terlibat dalam rangkaian kegiatan ini, meliputi pemain, ofisial tim, crew atau panitia, media yang meliput, serta staf pendukung wajib memenuhi syarat protokol kesehatan. Yakni, telah mendapat vaksin dua dosis,  dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes PCR dan swab antigen, serta wajib melakukan skrining menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Berjalannya kembali liga basket pelajar terbesar di tanah air Seri Bali ini seakan menghapus kerinduan semua pihak. Setelah akibat pandemi Covid-19, liga yang ditunggu-tunggu para student-athlete ini terpaksa tak terselenggara satu musim pada tahun 2020 lalu.

”Kami sangat menyambut positif kembali terselenggaranya Honda DBL Seri Bali ini. Karena anak-anak pelajar di Bali sudah lama menunggu untuk berkompetisi lagi. Setelah hampir dua tahun, akhirnya ada kompetisi basket yang mewadahi mereka,” ujar Cokorda Raka Satrya Wibawa, mantan pemain basket profesional sekaligus Timnas Indonesia yang kini menjabat sebagai Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga di Disdikpora Provinsi Bali.

Pria yang akrab disapa Wiwin itu ikut hadir pada opening party Honda DBL 2021 Seri Bali. Dia sangat mengapresiasi penerapan protokol kesehatan ketat yang wajib dipatuhi oleh siapapun yang terlibat, termasuk dirinya yang hadir sebagai tamu undangan. ”Protokolnya sangat ketat, seperti yang disampaikan DBL Indonesia selaku penyelenggara saat beraudiensi dengan kami beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Honda DBL 2021-2022 akhirnya mendapat lampu hijau bisa digelar setelah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Prosesnya melibatkan lima kementerian sekaligus, yakni Kemenpora, Kemenko Marves, Kemenkes, Kemenparkraf, dan Kemendagri.  Termasuk Pemerintah Provinsi Bali beserta jajaran, serta Pemerintah Kabupaten Badung, yang memfasilitasi penggunaan GOR Purna Krida Kerobokan sebagai venue even ini.

Dua laga dari kelompok putra menjadi pembuka rangkaian Honda DBL 2021 Seri Bali, Rabu (17/11). Pada game pertama, SMA Soverdi Tuban berhasil menang mudah atas SMA Santo Yoseph Denpasar dengan keunggulan 50-13. Sementara itu, SMAN 1 Gianyar unggul tipis 38-32 atas SMAN 1 Kuta Utara.

Setelah Seri Bali, Honda DBL 2021-2022 dijadwalkan berlanjut dengan pelaksanaan Seri DI Jogjakarta (23 November hingga 3 Desember), Seri Aceh (27 November hingga 1 Desember), Seri Papua di Jayapura (30 November hingga 4 Desember). Serta, seri-seri berikutnya se-Indonesia yang totalnya mencapai 22 provinsi. Dari Aceh sampai Papua. (ila)

Nusantara