RADAR JOGJA – Sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia merasakan dampaknya. Salah satu sektor yang terdampak adalah ekonomi khususnya para pengusaha UMKM. Untuk itu DPP Sahabat Ganjar tergerak melakukan gerakan Sahabat Ganjar Sahabatnya UMKM, Sabtu (9/10).

Relawan Sahabat Ganjar kali ini melakukan upaya mendukung pelaku UMKM khususnya pedagang bakso di wilayah DKI Jakarta. Selain melakukan branding mengenai usaha milik rakyat di Jakarta, juga dilakukan di wilayah DIJ. Bedanya dengan membantu Paguyuban Pengayuh Becak di kawasan Malioboro Jogjakarta.

“Kabar gembira bagi kami, karena lebih dari 50 pedagang bakso keliling di wilayah Jakarta Timur yang menyatakan diri mereka sebagai pendukung Ganjar Pranowo hari ini bisa kami temui dan berikan bantuan. Ini kami lakukan sebagai dorongan semangat bagi pelaku UMKM dimanapun berada, bahwa Sahabat Ganjar adalah bagian dari mereka,” jelas Sekjend DPP Sahabat Ganjar Aluysius Jaka, Sabtu (9/10).

Selain itu, Sahabat Ganjar juga membagikan ratusan sembako dan nasi kotak kepada masyarakat. Sahabat Ganjar memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. Sebagai salah satu wujud kepedulian Sahabat Ganjar terhadap masyarakat.

Pembagian paket ratusan sembako dan nasi kotak gratis tersebut berlokasi di Jl. Bekasi Timur, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara dan Jalan Beting Asem, Cilincing, Jakarta Utara serta di Pasar Kranggan dan Ujung Jalan Mangkubumi, Jogjakarta.

“Selain di Jakarta Timur, kami juga melakukan kegiatan di Jakarta Utara, menemui dan memberikan bantuan kepada puluhan pengayuh becak dan mengunjungi rumah singgah anak yatim. Serta kegiatan serupa di Kota Jogjakarta, dimana lebih dari 500 nasi kotak kami bagikan ke pengemudi becak dan fakir miskin di sekitar Malioboro,” katanya.

Kegiatan Sahabat Ganjar Sahabatnya UMKM ini disambut dengan antusias. Bagi mereka kegiatan ini sangat membantu perekonomian keluarga. Terutama yang terdampak akibat adanya pandemic Covid-19.

“Semoga kegiatan di Jakarta dan Jogjakarta ini dapat membangkitkan semangat. Baik pelaku UMKM maupun masyarakat yang terdampak pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir,” harapnya.

Pengayuh becak Pasar Beringharjo Ngadiono bersyukur atas bantuan tersebut.Dia mengaku sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama pandemi jumlah penumpangnya menurun drastis.

“Terimakasih atas bantuannya dan terimakasih karena tadi saya minta kaos dan dikasih, enak dipakai, adem. Saya berharap Pak Ganjar semakin banyak di dukung masyarakat, biar bisa meneruskan memimpin Indonesia, karena dia idola saya, dekat dengan wong cilik,” katanya ditemui di selatan Pasar Beringharjo. (om7/dwi)

Nusantara