RADAR JOGJA – Paket bantuan vitamin dan obat-obatan bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri telah tiba di Jogjakarta. Total paket yang telah diterima sebanyak 1.520 paket. Seluruhnya telah didistribusikan secara bertahap oleh jajaran Korem 072/Pamungkas Jogjakarta melalui personel Babinsa.

Khusus untuk Jogjakarta menerima paket 2 dan paket 3. Untuk paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas demam dan kehilangan penciuman. Adapun paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

“Yang sudah datang di Jogjakarta itu paket 2 dan 3. Sekerang sudah sampai di Korem. Mudah-mudahan sudah sampai di Kodim untuk dibagikan melalui Babinsa,” jelas Sekprov Pemprov DIJ Kadarmanta Baskara Aji ditemui di Kompleks Kantor Kepatihan Pemprov DIJ, Rabu (21/7).

Aji meyakini pendataan pasien isolasi mandiri valid. Ini karena pendataan dilakukan oleh Babinsa masing-masing wilayah. Sehingga mengetahui kondisi di lingkungan warga.

Terhadap penggunaan, Aji tetap menyarankan konsultasi ke Puskesmas. Tepatnya untuk menentukan jenis paparan pasien Covid-19. Termasuk gejala yang timbul agar pemberian paket obat tepat.

“Kalau untuk pendataan itu oleh Babinsa bersama puskesmas. Tetap dibantu oleh Satgas Covid-19 di tingkat RT,” kata Kadarmanta Baskara Aji.

Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta memastikan paket vitamin dan obat telah terdistribusi. Secara keseluruhan untuk paket 2 sebanyak 760 buah. Paket 3 juga dikirim dalam jumlah yang sama 760 buah.

Penyaluran vitamin dan obat, lanjutnya, diawali kepada Kodim wilayah. Untuk kemudian diteruskan ke Koramil dan didistribusikan oleh masing-masing personel Babinsa.

“Babinsa langsung ke warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Mulai di kirim ke setiap Kodim dari tanggal 18 sampai 19 Juli,” ujarnya.(dwi/sky)

Nusantara