RADAR JOGJA- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahudin Uno menuturkan  bahwa desa wisata bakal menjadi simbol kebangkitan ekonomi pasca-pandemi COVID-19.

Desa wisata menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata yang sifatnya personalized, customized, localized, dan smaller in size.

Pihaknya telah melakukan persiapan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang Jumat (4/6).

“Persiapan kebangkitan ekonomi nasional dapat kita hadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini,” katanya.

Sandiaga pun berharap Provinsi Jateng memasukkan desa-desa wisata yang berkelas dunia seperti Karangrejo, Candirejo, dan beberapa desa wisata lainnya untuk berpartisipasi dalam anugerah desa wisata tersebut.

Dia meyakini program  desa wisata mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah serta kesejahteraan rakyat.

Dalam acara tersebut dia juga meminta agar Jawa Tengah memasukkan desa-desa wisata yang berkelas dunia seperti Karangrejo, Candirejo, dan beberapa desa wisata lainnya untuk berpartisipasi dalam anugerah desa wisata tersebut.

“Desa Candirejo sebagai desa wisata pertama dari Kabupaten Magelang yang tersertifikasi. Desa Candirejo menjadi salah satu dari 16 desa terpilih yang menerima sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif,” ujarnya.

Pandemi COVID-19 ini memaksa masyarakat untuk mengadopsi keterampilan-keterampilan baru dan desa wisata ini menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata.

“Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit.

Program tersebut melibatkan stakeholder lain seperti content creator atau Youtuber yang akan mampu mengenalkan desa wisata melalui dunia maya.

Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 telah sukses diselenggarakan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan.

Diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan Rakyat,”jelasnya. (sky)

Nusantara