RADAR JOGJA –  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ masih terus menyiapkan peraturan gubernur (pergub) khusus soal penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2021. Kepala Seksi Perencanaan dan Pendataan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIJ Suci Rahmadi mengungkapkan, pergub sudah dalam tahap finalisasi.

Jika nanti pergub sudah selesai, pihaknya akan langsung mengunggah berbagai macam aturan dan tata cara PPDB tahun ini di website milik Disdikpora DIJ, yakni dikpora.jogjaprov.go.id. “Sedang dibahas di Biro Hukum. Kalau sudah selesai, segera nanti kami unggah semuanya,” ujar Suci kemarin (28/5).

Kendati belum selesai, ada satu yang pasti ada dalam pergub tersebut. Yakni mengatur bahwa proses PPDB dilakukan semuanya secara daring. “Unggah dokumen dari rumah, semuanya bisa dilakukan dari rumah masing-masing,” jelas Suci.

Ada kekhawatiran nanti wali siswa maupun siswa kesulitan untuk mengunggah dokumen. Pasalnya, di beberapa wilayah di DIJ masih belum lancar jaringan internetnya. Untuk itu, Suci mendorong agar wali murid yang bersangkutan bisa mendatangi sekolah untuk bisa dibantu proses unggah dokumennya. Atau bisa saling bantu antartetangga yang kebetulan memiliki jaringan internet yang bagus.

Ketua Lembaga Ombudsman DIJ Suryawan Raharjo menyoroti soal ketersediaan jaringan internet. Juga soal aplikasi yang memang harus dipersiapkan sedemikian rupa.

Menurut Suryawan, saat ini sistem pendaftaran, sebagian besar bahkan hampir semua melalui aplikasi daring (dalam jaringan). Selain itu ia juga mengingatkan kepada pemerintah terkait kuota afirmasi.

Dikatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini kemungkinan ada keluarga yang tidak mampu karena imbas pandemi, sementara warga itu belum masuk basis data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) atau data lainnya seperti kartu menuju sejahtera (KMS). “Dinas harus memfasilitasinya,” ucap Suryawan. (kur/laz)

Nusantara