RADAR JOGJA – Dansatgas Letkol (Inf) Dwi Agung Prihanto S.Sos, M.Tr (Han) mencicipi Kue Lemang, makanan khas Kabupaten Landak, Senin (23/3). Kesempatan itu terjadi saat ia diundang warga Desa Tolok saat acara Gawai Padi atau tradisi warga setempat yang biasa dilakukan sebagai bentuk syukur atas panen padi di Desa Tolok, Menyuke, Landak.
Letkol (Inf) Dwi Agung Prihanto mengakui jika makanan khas Kabupaten Landak itu sangatlah enak. Dikatakan, ia merasa beruntung karena bisa mencicipi Kue Lemang yang merupakan makanan khas itu.
“Kue Lamang ini salah satu contoh betapa kita memiliki kekayaan kultural yang luar biasa. Bukan hanya seni budaya saja, keanekaragaman makanan yang dimiliki bangsa ini juga harus kita rawat dan jaga bersama agar tidak punah,” katanya.
Menurutnya, dengan tradisi Gawai Padi serta di dalamnya ada Kue Lamang itu menunjukkan bahwa warga Desa Tolok memiliki kepedulian yang tinggi untuk terus menjaga tradisi warisan para leluhur.
“Kekayaan itu harus kita jaga bersama agar tidak pudah, karena yang membuat bangsa ini besar adalah kuatnya warga negara kita menjaga dan merawat akar budaya warisan para nenek moyang,” katanya. (*/laz)

Nusantara