RADAR JOGJA – Bukan saja menyelesaikan pekerjaan fisik, dalam kegiatan TMMD 110 juga mempersatukan perbedaan dan mengeratkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Di antaranya persaudaraan, kebersamaan serta gotong-royong di Dusun Sukaramai, Hulu Pengkadan, Kapuas Hulu. Hal itu disampaikan Dandim 1206/Psb Letkol (Inf) Jemi Oktis Oil SIP.

Diungkapkan Dandim, didasari kesibukan sebagai petani membuat warga Dusun Sukaramai yang notabene melaksanakan kegiatan sejak pagi hari, hingga membuat jarang bertatap muka. Tapi hadirnya kegiatan TMMD mereka bisa saling bertemu dan bertegur sapa dengan yang lainnya.
“Kini mereka bisa merasakan untuk berkumpul dan bekerjasama dalam nuansa gotong-royong yang dihadirkan Satgas TMMD. Mereka nampak menikmati dan merasa sangat senang bisa saling bersilaturahmi,” tegasnya.

Hal ini senada diungkapkan Rasidi, 53, salah satu warga Sukaramai. Ia mengatakan, kehadiran tentara di desanya banyak memberikan pelajaran berharga bagi dirinya dan masyarakat sekitar. “Kehadiran Satgas TMMD membawa perubahan di desa kami. Semua warga menyambut gembira dan kini kami bisa lebih akrab dengan saudara-saudara kami di desa sebelah. TMMD mengajarkan kami tentang kebersamaan dan gotong royong,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Danton Satgas TMMD Letda (Inf) Eko Susanto menambahkan, sambutan masyarakat sangat baik. Mereka dengan senang hati menerima kehadiran para anggota Satgas. “Sejak pertama mulai kegiatan, masyarakat sangat antusias dan menyambut baik kehadiran TMMD. Oleh karena itu, sesuai arahan kami akan selalu memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat,” ujarnya. (*/laz)

Nusantara