RADAR JOGJA – Keakraban terjalin antara anggota TNI dengan warga di sela pekerjaan pembersihan badan jalan dalam TMMD Regtas 110 di Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan.
Waktu istirahat itu dimanfaatkan sejumlah tentara untuk berkumpul dengan warga yang turut kerja bakti. Mereka tampak begitu akrab, meski baru beberapa kali bertemu.
Salah satunya Serda Usen, anggota Satgas TMMD Kodim 1206/PSB. Bersama sejumlah rekan TNI, Serda Usen bercengkerama dengan warga setempat.
Keakraban ini memicu Pak Wahid, 40, dan rekannya ingin tahu lebih banyak latar belakang anggota TNI. Ia misalnya menanyakan riwayat hidup Serda Usen. “Terima kasih telah membantu,” ucap Wawan.
Momentum kedekatan TNI dan warga itu memupus anggapan bahwa TNI dan rakyat terpisah. Meski baru mengenal, anggota TNI dan warga langsung akrab.
Serda Usen mengaku langsung akrab dengan warga. Bahkan, ia merasa berada di desanya sendiri. “Desa ini kami anggap seperti desa kami sendiri, sehingga semangat membantu warga desa ini suatu kebanggaan bagi saya dan rekan-rekan Satgas TMMD lainnya,” kata Usen. (*/laz)

Nusantara