RADAR JOGJA- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Melalui ketua umumnya  Daeng Muhammad Faqih dengan resmi meluncurkan sebuah produk untuk menghadapi virus Corona , peluncuran Senin (4/1) di gedung UC UGM.

Daeng mengatakakan bahwa pihaknya akan selalu mendukung berbagai upaya untuk bisa menghadapi virus Corona termasuk  terobosan kreatif teknologi dalam sebuah  produk yang dinamakan  EMA 004 dan EMA 005.

Seperti diketahui hingga saat ini belum ditemukan “anti virus Corona yang  tengah menjadi pandemi ini  termasuk anti virus dan anti bakteri, bahkan vaksin juga baru masuk uji klinis , dan yang paling strategis dilakukan ialah upaya pencegahan , karena kita belum tahu obat penyembuhannya, sehingga kita harus berupaya untuk tidak sakit,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa upaya protokol kesehatan yang dilakukan seperti memakai masker , cuci tangan, jaga jarak serta tinggal dirumah juga merupakan sebuah upaya untuk mencegah menjadi sakit.

Dan saat ini ada inovasi teknologi yang mampu membunuh virus bakteri  yang ada di ruangan, dan saat ini memang  ada hal yang bisa membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan dengan menyemprotkan cairan desinfektan , tetapi hal ini tidak aman jika harus terhirup oleh manusia ,dan inilah juga yang menimbulkan bahaya , dan teknologi yang digunakan dalam alat ini mampu memberikan keamanan bagi manusia yang menghirupnya , inilah salah satu kelebihan produk tersebut, terang Daeng.

Dalam kesempatan yang sama Joko selaku pihak yang membuat produk EMA 004 dan EMA 005, menjelaskan bahwa produk  yang diproduksinya  ini memakai bahan dasar euclyptus atau yang lebih dikenal dengan istilah minyak kayu utih , yang diyakini mampu membunuh virus dan aman bagi manusia .

Karena pada saat kita berkumpul dan kita menggunakan teknologi ini dipakai maka akan aman bagi manusia  , karena sejak dahulu kita akrab dengan bau minyak kayu putih ,dan teknologi ini mampu menjangkau tempat virus berada , misalnya di hidung tenggorokan bahkan perut dan paru paru, dengan di masuknya unsur  eucalyptus ini kedalam tubuh kita maka ia akan juga sampai di paru paru , hingga perut sehingga mampu untuk melawan virus yang ada,  dan mesin ini akan menyemprotkan cairan halus yang mengandung hal tersebut keseluruh ruangan sehingga ruangan akan menjadi aman bagi orang yang berkumpul didalamnya ,paparnya.

Selanjutnya dia juga menjelaskan bahwa produk yang dibuatnya ini merupakan asli karya anak bangsa , dan juga merupakan bagian dari sebuah upayauntuk membuat roda perekonomian yang dijalani UMKM apat berjalan dengan baik.

Mudah mudahan apa yang dilakukan ini bisa membantu pemerintah untuk menghadapi virus corona yang memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat kita . tutupnya. (sky)

Nusantara