RADAR JOGJA – Perayaan Natal di Indonesia tahun ini berjalan lancar meski dalam kondisi sulit karena pandemi. Rohaniawan Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny berharap ini bisa menjadi momentum membangkit semangat anak bangsa untuk terus bersatu.

Menurut dia, kita semua, satu sama lain harus bisa menyingkirkan segala perbedaan. Sebab di depan kita masih menghadapi penyebaran Covid-19. Romo Benny meyakini, dengan semangat persatuan dan kesatuan, kita bisa mengatasi masalah ini.

“Ke depan dalam mengatasi Covid-19 semua perbedaan kita tinggalkan dulu dan kita bersama bersatu bagaimana mengatasi Covid-19 dengan kesadaran bersama untuk satu visi dalam kebersamaan karena kita membutuhkan kebersamaan semua anak bangsa,” kata Romo Benny saat dihubungi, Sabtu (26/12).

Dia mengatakan bangsa Indonesia ke depan harus mengembalikan roh Bhinneka Tunggal Ika sehingga anak bangsa bisa berpikir, bertindak, dan berelasi untuk kepentingan bersama. Satu sama lain bisa saling menghargai, menghormati, hidup bersaudara, saling membantu, dan menjadikan agama inspirasi  bagi kebaikan bersama.

Romo Benny juga mengajak semua kalangan saling menahan diri, tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah. Menurutnya, ujaran kebencian muncul salah satunya karena faktor orang bersembunyi dari realitas kebenaran. Hal itu menunjukan seseorang tidak memiliki kepatuhan etika publik.

“Paling bahaya mereduksi nilai kebenaran dalam kedangkalan. Ke depan dibutuhkan pendidikan literasi dan pendidikan kristis,” pungkasnya.

Aksi saling lapor polisi antar anak bangsa semakin sering terjadi. Salah satu pemicunya adalah ujaran kebencian. Di sisi lain, bangsa sedang dilanda krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid-19. Masalah ini akan semakin cepat teratasi jika kita semua bersatu. (*/iwa/sky)

Nusantara