RADAR JOGJA – Bank BJB kembali menghadirkan inovasi untuk memberikan kemudahan transaksi kepada para nasabah. Kali ini, inovasi dihadirkan dalam sektor pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui aplikasi Samsat Banten Hebat (SAMBAT) yang turut serta dikembangkan Bank BJB.

Bank BJB melakukan perluasan channel pembayaran PKB melalui SAMBAT yang dapat dinikmati masyarakat luas. Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, perluasan channel pembayaran SAMBAT ini dilakukan sebagai bentuk optimalisasi layanan kepada nasabah. Langkah ini juga bertujuan memaksimalkan potensi pendapatan daerah yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor.

”Perluasan channel pembayaran dilakukan dengan menggandeng sejumlah toko modern, e-commerce dan platform e-money sebagai mitra bayar. Pembayaran PKB melalui SAMBAT kini dapat dilakukan melalui Indomaret, Alfamart, Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan LinkAja,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Bank BJB sebagai bank nasional yang tumbuh besar di Jawa Barat dan Banten serta memiliki salah satu misi sebagai penggerak laju perekonomian daerah. Juga  berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan pajak.

”Sebagai mitra kerja pemerintah bersama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten, Bank BJB terus berupaya melakukan peningkatan layanan dan meluncurkan berbagai inovasi layanan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” kata Widi.

Kehadiran channel pembayaran baru ini memperluas pelayanan pembayaran PKB yang telah dilakukan Bank BJB melalui SAMBAT. Sebelumnya, Bank BJB telah menyediakan fasilitas pembayaran di jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank BJB melalui aplikasi SAMBAT . Ini untuk memperoleh nomor bayar yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Banten. Pembayaran juga dapat dilakukan di Kantor dan Gerai Samsat baik secara nontunai maupun dengan cara tunai kepada petugas Bank BJB.

Para wajib pajak Banten yang hendak membayar PKB dapat memanfaatkan layanan pembayaran pajak yang mudah dan praktis ini melalui aplikasi SAMBAT yang dapat diunduh di Play Store. Setelah mengunduh aplikasi SAMBAT, wajib pajak dapat melakukan registrasi dengan melakukan input Nomor Polisi, NIK dan 5 digit nomor rangka yang terdapat pada STNK kendaraan.

Setelahnya, wajib pajak akan mendapatkan kode bayar yang dibutuhkan untuk dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan kantor (teller) dan jaringan elektronik (ATM dan BJB Digi). Selain itu juga di channel layanan anyar yaitu Indomaret, Alfamart, Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan LinkAja.

”Setelah pembayaran rampung, wajib pajak dapat segera menukarkan struk atau bukti pembayaran pajak melalui Kantor Bersama Samsat wilayah hukum Polda Metro Jaya atau Polda Banten (sesuai domisili) mininal 1 hari setelah melakukan pembayaran dan maksimal 6 hari setelah melakukan pembayaran,” tuturnya.

Perbaikan layanan ini akan menghadirkan dampak positif baik dalam transparansi transaksi publik untuk mendukung program pemerintah. Juga membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wajib pajak yang akan melakukan transaksi pajak tahunan tanpa harus datang ke Kantor Samsat.

”Langkah ini sesuai dengan komitmen Bank BJB untuk mendukung semua program pemerintah, melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat,” katanya. (*/ila)

Nusantara