RADAR JOGJA – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menghelat Gelar Potensi Desa Budaya 2020 yang diikuti oleh 15 desa budaya di Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Dinas Kebudayaan DIY yakni Tasteofjojga Disbud DIY pada Jumat (22/10).

Kepada Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat dan Tradisi, Lembaga Budaya, dan Seni, Dinas Kebudayaan DIY Yuliana Eni Lestari Rahayu menjelaskan, Pemprov DIY berkomitmen untuk melakukan pembinaan terhadap desa dan kalurahan budaya di seluruh DIY. Salah satu upaya untuk memenuhi komitmen itu yakni memberikan fasilitas penyelenggaraan event maupun kompetisi seperti perhelatan Gelar Potensi Desa Budaya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mempromosikan dan mengukur kemajuan desa dalam bentuk kegiatan gelar potensi,” jelasnya.

Gelar Potensi Desa Budaya juga menjadi tindak lanjut dari kegiatan Maestro Masuk Desa dengan sasaran bidang kesenian meliputi seni tari, kethoprak, hingga seni kerakyatan jathilan. “Masing-masing desa budaya akan menampilkan hasil kegiatan Maestro Masuk Desa 2020,” paparnya.

Dalam perhelatan itu, desa budaya di Kulonprogo menampilkan masing-masing lima pertunjukan tari, empat pertunjukan kethoprak, dan enam pertunjukan jathilan. Mereka tampil dengan durasi pertunjukan maksimal 15 menit.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sebuah atraksi budaya dengan tidak mengubah nilai esensial pengemasan potensi yang dimiliki desa budaya. Dengan demikian, pementasan dapat memunculkan keragaman khazanah budaya untuk menguatkan karakteristik Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan yang penting di Indonesia.

“Kehidupan masyarakat Yogyakarta tidak lepas dengan proses kreativitas seni dan budaya. Hal itu seolah menjadi napas kehidupan masyarakat Yogyakarta yang tidak pernah lelah memunculkan ide kreatif,” jelasnya.

Pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara ketat. Setelah pementasan, dilakukan penilaian oleh Tim Pengamat Desa Budaya. Penonton yang tidak sempat menyaksikan siaran langsung bisa menyaksikan tayangan itu di kanal YouTube Dinas Kebudayaan DIY.

Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana menjelaskan, kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan dan mengembangkan desa budaya di DIY. “Desa budaya adalah aset daerah pada sektor pariwisata yang potensial. Pemerintah selalu berusaha melestarikan dan mengembangkannya,” paparnya.

Kepala Seksi Lembaga Budaya Dinas Kebudayaan DIY Endang Widuri menjelaskan, di masa normal, kompetisi Gelar Potensi Desa Budaya menampilkan segala potensi yang dimiliki tiap desa budaya. Itu mencakup kesenian, kuliner, maupun kerajinan.

“Jadi, mereka ada kita kasih booth juga di pinggir panggung pentas untuk mereka sajikan potensi,” paparnya. (tor/amd)

Nusantara