RADAR JOGJA – Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyerahkan berita acara (BA) hasil kerja pelaksanaan TMMD kepada Pemkab Sintang di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sintang, Rabu (21/10). Eko Bintara Saktiawan yang juga Dandim 1205/Sintang mengungkapkan, semua kegiatan fisik dan nonfisik dalam kegiatan TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang sudah selesai seluruhnya.

“Sudah 100 persen diselesaikan. Hari ini kami serahkan BA kegiatan kepada Pemkab Sintang dan juga sebagai tanda bahwa kegiatan bakti TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang sudah berakhir,” ujar Dansatgas usai penyerahan  hasil TMMD ke-109 TA 2020 yang mengangkat tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”.

Dansatgas mengharapkan masyarakat dapat menikmati dan menjaga dengan baik apa saja yang telah dikerjakan oleh personel satgas dalam kegiatan lintas sektoral itu. “Apa yang sudah ada semoga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya yang ada di desa sasaran,” ucapnya.

Pjs Bupati Sintang Florentinus Anum mengatakan, TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang ini adalah wujud partisipasi warga negara dalam membangun NKRI dari berbagai lini. “Ini terobosan yang sangat baik dalam upaya membuka daerah terisolir, sehingga mampu membawa perubahan yang semakin baik,” tuturnya.

Untuk itu, Florentinus Anum mengucapkan terima kasih atas program TMMD yang tak hanya menyasar pada kegiatan fisik, tapi juga nonfisik. “TMMD ini sangat efektif dan efisien dalam rangka pembangunan. Berbagai peningkatan kehidupan seperti ekonomi, pendidikan dan juga rasa cinta pasa tanah air,” tandasnya.

TMMD Kodim 1205/Sintang melakukan kegiatan fisik yaitu peningkatan kualitas jalan dan pembangunan dua unit jembatan, serta pemasangan enam unit gorong-gorong di Desa Tirta Karya dan Wirayuda, Kecamatan Ketungau Tengah. Untuk kegiatan nonfisik  antara lain, memberikan penyuluhan tentang karhutla, narkoba, wawasan kebangsaan dan kegiatan lain. (*/laz)

Nusantara