RADAR JOGJA – Dibukanya Perpustakaan Apung di Batas Negeri Kodim 1205/Sintang, mendapat tanggapan baik segenap komponen masyarakat Kabupaten Sintang. Salah satunya dari Kasi Perpustakaan Kabupaten Sintang, Kabid Perpustakaan Yuliana, dan PJs Camat Ketungau Tengah Patrianus SSos.

Terlihat dari percakapan hangat yang terbangun di sela launching bersama Dansatgas TMMD 109 Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, mereka mengaku terkejut dengan antusiasme anak-anak di kawasan perbatasan RI yang begitu membeludak mendatangi Dermaga Gemar Membaca di Desa Wira Yuda, saat dibuka untuk kali pertama Perpustakaan Apung di Batas Negeri Kodim 1205/Sintang, Minggu (18/10).

“Ini sungguh sangat luar biasa sambutan dari masyarakat Kabupaten Sintang, khususnya di wilayah perbatasan RI-Malaysia. Mereka sangat antusias untuk datang dan membaca buku-buku yang disediakan Perpustakaan Apung di Batas Negeri Kodim 1205/Sintang. Sekali lagi, saya apresiasi setinggi-tingginya ide dan gagasan dari Satgas TMMD untuk menumbuhkan minat baca, khususnya bagi anak-anak,”  kata PJs Camat Ketungau Tengah Patrianus, SSos.

Senada juga diungkap Kepala Sekolah TK Tunas Harapan Desa Wira Yuda Mila Nurbaiti. Dikataan, ide perpustakaan apung di wilayah Kecamatan Ketungau Tengah merupakan ide cemerlang. “Ide brilian, good job. Saya sangat suka dengan adanya Perpustakaan Apung di Batas Negeri ini. Karena bisa membantu anak-anak mendapat ilmu dengan cara membaca buku,” ucap Mila.

Dijelaskan Dansatgas Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, perpustakaan keliling dengan menggunakan sarana perahu ini adalah inisiatif dan inovatif program TMMD 109 Kodim 1205/Sintang dalam literasi kepada anak-anak. “Kami siap keliling menyambangi anak-anak di daerah-daerah terjauh dari perkotaan untuk mengajak mereka membaca buku-buku yang selama ini belum mereka dapatkan,” jelasnya. (*/laz)

Nusantara